Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Rooney: Secara Taktik, Van Gaal Lebih Baik dari Ferguson

Jumat 22 Mar 2019 17:25 WIB

Red: Bayu Hermawan

Wayne Rooney

Wayne Rooney

Foto: DC United via AP
Wayne Rooney membandingkan antara Sir Alex Ferguson dan Louis Van Gaal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan penyerang Manchester United Wayne Rooney membandingkan dua mantan pelatih Setan Merah, Sir Alex Ferguson dan Louis Van Gaal. Secara mengejutkan, Rooney menilai, Van Gaal lebih baik dari Ferguson.

Seperti diketahui, Ferguson adalah pelatih paling sukses di Old Trafford. Di era kepemimpinannya, Manchester United menjadi klub paling disegani di tanah Inggris. Fergie membawa Setan Merah merebut 13 trofi Liga Primer Inggris, lima trofi piala FA dan dua trofi Liga Champions sebelum pensiun pada 2013.

Sementara Louis van Gaal, hanya berumur dua tahun memimpin armada United, sebelum dipecat. Van Gaal juga hanya mampu mempersembahkan satu trofi Piala FA tahun 2016. Meski tak semengkilap Ferguson dalam hal perolehan trofi, namun Rooney menilai secara taktik, Van Gaal lebih baik dari Ferguson.

"Dia (Van Gaal) secara taktik adalah yang terbaik yang pernah bekerja sama dengan saya, dalam hal menyusun pertahanan, dan semua pemain mengetahui peran mereka," ucapnya seperti dikutip dari Mirror.

"Itu hanya tentang strategi menyerang yang sama baiknya dengan bertahan," ucapnya melanjutkan.

Namun pria yang telah mencetak 253 gol untuk United itu mengakui, jika era Van Gaal tidak berjalan seperti apa yang banyak pihak harapkan. Seperti diketahui, Manchester United kesulitan mencari pengganti Alex Ferguson.

David Moyes yang sempat mendapat julukan "the Choosen One", dan menjadi pelatih pertama yang menggantikan Ferguson, tidak berumur panjang. Ia hanya melatih selama 10 bulan sebelum dipecat. Ryan Giggs kemudian ditunjuk sebagai pelatih sementara menggantikan Moyes, selama beberapa bulan.

United kemudian menunjuk Louis van Gaal kemudian menjadi pelatih sejak 16 Juli 2014, sebelum akhirnya dipecat pada 23 May 2016. Manajemen Setan Merah kemudian menunjuk Jose Mourinho sebagai pelatih, sejak Mei 2016.

Meski memboyong tiga trofi, prestasi "the Spesial One" juga dinilai tidak cukup, dan akhirnya juga dipecat akhir tahun lalu. Saat ini, mantan pemain MU dari "Class of 92" Solskjaer menjadi pelatih sementara United.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA