Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Empat Cara Mudah Jaga Kesehatan Liver

Selasa 25 Feb 2020 23:11 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Organ liver di dalam tubuh manusia memiliki tugas cukup berat (Foto: brokoli bagus untuk kesehatan organ hati)

Organ liver di dalam tubuh manusia memiliki tugas cukup berat (Foto: brokoli bagus untuk kesehatan organ hati)

Foto: Rawpixel
Organ liver di dalam tubuh manusia memiliki tugas cukup berat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organ hati di dalam tubuh manusia memiliki tugas cukup berat. Liver atau hati bertanggung jawab untuk membersihkan segala macam zat, seperti alkohol, pestisida, dan obat-obatan.

Baca Juga

Dilansir melalui eating well, Selasa (25/2), liver akan bermasalah saat seseorang terlalu banyak minum. Tak hanya itu, organ hati bisa menjadi tidak sehat ketika seseorang sedang menghadapi stre, obesitas, diabetes tipe 2, hingga kolesterol tinggi.

Itu sebabnya, menjaga kesehatan organ hati sangat penting dilakukan. Berikut cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan liver.



Makan Lebih Banyak Sayuran
Kembang kol, kecambah brussel, kubis, dan brokoli adalah sumber potensial sulforaphane. Antioksidan ini yang membantu menghidupkan proses detoksifikasi alami hati Anda.

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengamati konsumsi brokoli dan dampaknya pada tingkat bahan kimia pencemaran udara dalam tubuh orang dewasa di China. Mereka yang mendapat setara dengan secangkir sayuran ini selama 10 hari mampu membersihkan 63 persen lebih banyak dari benzena polutan daripada mereka yang tidak.

Makan Lebih Banyak Gandum Utuh
Mengganti biji-bijian utuh secara teratur dengan yang halus umumnya merupakan saran nutrisi yang baik. Hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan hati, menurut sebuah studi Journal of Nutrition 2019.

Dalam penelitian ini orang dewasa yang kelebihan berat badan makan lima porsi biji-bijian sehari atau biji-bijian olahan selama tiga bulan. Kemudian peneliti menemukan bahwa kelompok orang yang memakan biji-bijian memiliki profil enzim hati yang mirip dengan orang muda yang sehat dan kurus.

Hati para pemakan biji-bijian menunjukkan efek sebaliknya. Fitokimia yang muncul secara alami dari biji-bijian muncul untuk membantu tubuh membersihkan lemak hati yang berbahaya.

Minum Kopi
Terlalu banyak lemak dalam hati Anda akan mendorong peradangan yang dapat mempengaruhi fungsi hati dan membuka jalan bagi penyakit serius. Ulasan yang dipublikasikan dalam Clinical Nutrition menemukan bahwa minum tiga cangkir (masing-masing sekitar 6 ons) kopi sehari dapat mengurangi risiko NAFLD (penyakit perlemakan hati non-alkoholik).


Olahraga
Hati bukanlah otot, tetapi olahraga masih baik untuk organ ini. Aktivitas fisik membantu mengurangi peradangan dan lemak hati.

Olahraga penting karena peningkatan gula darah dapat merusak hati. Dalam sebuah studi 26 tahun terhadap 117 ribu orang dewasa yang sebelumnya sehat, Simon dan timnya menemukan bahwa orang yang melakukan olahraga teratur (semua jenis aktivitas) 60 persen lebih kecil kemungkinannya dibandingkan dengan orang yang malas bergerak yang meninggal karena penyakit hati selama penelitian

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA