Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

9 Bahan di Dapur yang Bermanfaat Hilangkan Jerawat

Sabtu 22 Feb 2020 11:57 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin

Tips Mencegah Jerawat

Tips Mencegah Jerawat

Foto: republika
Cukup bungkus es dengan handuk atau kain tipis dan oleskan langsung ke jerawat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Jerawat tidak akan berhenti timbul begitu kita mencapai usia tertentu. Penelitian terbaru membuktikan bahwa jerawat pada orang dewasa, pada kenyataannya sedang meningkat.

Untungnya, cara untuk mengurangi jerawat itu berada dalam jangkauan yang lebih dekat daripada yang Anda pikirkan. Berikut sembilan perawatan jerawat yang bisa Anda temukan di dapur atau lemari es Anda, dilansir di Mind Body Green, Sabtu (22/2):

1. Teh hijau

Kita semua tahu teh hijau sarat dengan antioksidan sehat dan telah dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Tetapi menurut dokter kulit bersertifikat Suneel Chilukuri, M.D., mengaplikasikannya langsung ke kulit dapat membantu menyembuhkan jerawat juga. 

"Teh hijau telah terbukti mengurangi produksi sebum, dan kafein dalam teh akan meningkatkan aliran darah untuk memungkinkan penyembuhan noda lebih cepat," kata Chilukuri. 

Mulailah dengan air mendidih dan buat teh seperti yang Anda lakukan jika Anda meminumnya. Setelah membiarkan kantong teh sedikit dingin, peras teh dan oleskan kantong teh langsung ke noda.  Biarkan teh hijau di atas noda selama dua menit dan bilas.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel telah menjadi pilihan utama di dunia solusi jerawat. Ini dikenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan membantu mengeringkan minyak berlebih, persis seperti yang Anda cari untuk menyembuhkan noda jerawat. 

Cuka sari apel juga anti-inflamasi, menjadikannya pilihan yang bagus untuk jerawat yang sakit saat disentuh.  Encerkan cuka dengan air, dan oleskan langsung ke jerawat.

3. Aspirin

Ini hal yang mengejutkan tetapi benar: Aspirin tidak hanya untuk sakit kepala dan kram. Menurut dokter kulit bersertifikat Joshua Zeichner, M.D., aspirin itu adalah pilihan yang bagus untuk mengobati jerawat yang meradang. 

"Aspirin mengandung asam asetilsalisilat, sepupu asam salisilat, dan diduga memiliki efek antiinflamasi langsung," kata Zeichner. 

Efek anti-inflamasi membantu jerawat lebih cepat sembuh sendiri. Tapi alih-alih meminumnya, Zeichner merekomendasikan untuk menghancurkan aspirin dan mencampurnya dengan air hangat.  Selanjutnya, ambil bola kapas atau aplikator ujung kapas, rendam dalam campuran, dan oleskan pada noda jerawat selama tiga sampai lima menit.

4. Kunyit

Meskipun kunyit bukanlah penemuan baru, kunyit baru-baru ini menjadi makanan pokok rumah tangga dalam hal hidup sehat, termasuk menggunakan kunyit untuk kulit yang lebih baik. 

"Kunyit telah terbukti memberikan berbagai manfaat kesehatan. Sifat antibakteri, antiseptik, dan anti-inflamasinya membuatnya berguna dalam mengobati jerawat." kata Zeichner.

Ketika diterapkan pada kulit, kunyit akan mengurangi bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan, menjadikannya solusi menyeluruh untuk mengobati jerawat. Belum lagi, itu mungkin membantu mengurangi penampilan jaringan parut bekas jerawat juga.

5. Es

Walaupun es tidak secara langsung menyembuhkan jerawat, es dapat membantu mengurangi peradangan.  Jerawat baru yang bengkak, meradang, dan merah, tidak akan benar-benar hilang dalam semalam. Tetapi membantu mengurangi peradangan tentu akan membuatnya lebih mudah untuk ditangani sampai benar-benar sembuh. Cukup bungkus es dengan handuk atau kain tipis dan oleskan langsung ke jerawat.

6. Madu

Madu adalah salah satu ramuan kuno tapi bagus yang bahkan disebut dapat menyembuhkan semuanya. Madu memiliki sifat antiseptik alami, yang membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan bekerja dengan baik sebagai pengobatan noda. 

Dalam hal penyembuhan jerawat, penting untuk mengambil madu berkualitas medis seperti madu Manuka untuk membantu menghilangkan bakteri.

7. Cuka

Anda dapat mengkategorikan cuka sebagai pengganti alami untuk produk pembersih. Namun cuka sebenarnya merupakan pilihan yang bagus untuk kulit juga.

"Cuka putih bertindak sebagai antiseptik, membunuh komponen bakteri dari jerawat," kata dokter kulit bersertifikat Deanne Mraz Robinson, M.D., FAAD. 

Tingginya tingkat keasaman akan membantu mengeringkan noda, yang pada gilirannya akan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Tidak hanya berfungsi dengan dioleskan ke titik jerawat, tetapi Robinson juga menyarankan mereka yang berjerawat menggunakannya ke seluruh wajah dengan mengencerkannya dengan air.

8. Lidah buaya

Kita tahu lidah buaya dapat menyejukkan kulit dan menyembuhkan kulit terbakar, tetapi tanaman ini sarat dengan manfaat untuk kesehatan kulit.  Gel bening di dalam daun lidah buaya terdiri dari vitamin, mineral, asam lemak, dan enzim proteolitik. 

Tidak hanya akan membantu menyembuhkan jerawat itu sendiri, tetapi juga membantu mengurangi jaringan parut bekas jerawat. Pastikan untuk mengambil daun lidah buaya segar jika mungkin, bukan versi botolan, untuk hasil terbaik.

9. Yoghurt organik tanpa rasa

Meskipun peningkatan konsumsi susu dapat dikaitkan dengan penyebab jerawat, tetapi menerapkan makanan krim secara topikal justru sebaliknya.  Robinson menyarankan untuk mengambil satu sendok yogurt organik dan tanpa rasa untuk dioleskan langsung ke noda Anda. 

"Menerapkan yogurt secara topikal dapat bermanfaat bagi mikrobioma kulit, sementara asam laktat juga terkelupas untuk membuka kulit yang lebih cerah," kata Robinson. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA