Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Alasan tak Boleh Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

Jumat 21 Feb 2020 15:33 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Meski bermanfaat, teh hijau tak bisa diminum kapan saja, terutama sebelum tidur (Foto: ilustrasi teh hijau)

Meski bermanfaat, teh hijau tak bisa diminum kapan saja, terutama sebelum tidur (Foto: ilustrasi teh hijau)

Foto: PickPik
Meski bermanfaat, teh hijau tak bisa diminum kapan saja, terutama sebelum tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang disukai oleh banyak orang yang sadar kesehatan. Teh ini dikemas dengan flavonoid yang dapat mengurangi peradangan, mengatur kolesterol jahat dan mengurangi risiko serangan jantung. Bahkan agar tetap bugar dianjurkan untuk mengonsumsi teh hijau daripada teh susu.

Namun begitu, bukan berarti Anda dapat minum teh hijau kapan saja, terutama sebelum tidur di malam hari. Sebab minum teh hijau di malam hari dapat memengaruhi tidur nyenyak.

Dilansir Pink Villa, Jumat (21/2) disebutkan bahwa teh hijau mengandung kafein dapat memicu tingkat adrenalin. Itu sebabnya, teh hijau harus dihindari sebelum tidur.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki batu ginjal, Anda harus membatasi diri untuk tidak minum teh hijau. Karena teh hijau mengandung oksalat yang dapat berkontribusi lebih banyak pada pembentukan batu baru.

Baca Juga

Tetapi satu atau dua cangkir tidak apa-apa karena teh hijau sarat dengan polifenol, yang dapat melawan kanker. Ini juga dapat membantu Anda membakar lemak ekstra.

Waktu ideal untuk menikmati teh hijau adalah pagi hari. Karena teh mengandung theanine yang dapat mengurangi hormon yang berhubungan dengan stres seperti kortisol. Ini melemaskan aktivitas neuron di otak.

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau di pagi hari membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Jadi, satu atau dua cangkir teh hijau di pagi atau siang hari bermanfaat. Tapi berhentilah minum teh dua jam sebelum tidur di malam hari.

Lalu bagaimana dengan teh hijau tanpa kafein? Teh jenis ini hanya mengandung 2 miligram kafein yang tidak berbahaya bagi tidur malam Anda. Tetapi ketika membuat teh tanpa kafein, harus melalui beberapa proses yang membuat teh kurang sehat.

Jadi, teh hijau tanpa kafein tidak akan banyak bermanfaat bagi kesehatan Anda seperti teh hijau normal karena beberapa antioksidannya juga akan hilang. Jadi, selalu miliki teh hijau alami di pagi hari agar tetap bugar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA