Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Starbucks Community Store, Berbagi Melalui Secangkir Kopi

Jumat 21 Feb 2020 14:20 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Ingin lebih dekat ke komunitas, gerai kopi Starbucks punya cara yang tak biasa (Foto: ilustrasi kedai Starbucks)

Ingin lebih dekat ke komunitas, gerai kopi Starbucks punya cara yang tak biasa (Foto: ilustrasi kedai Starbucks)

Foto: Needpix
Ingin lebih dekat ke komunitas, gerai kopi Starbucks punya cara yang tak biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ingin lebih dekat ke komunitas, gerai kopi Starbucks punya cara yang tak biasa. Bila biasanya kedai Starbucks selalu kita temukan di kawasan mewah atau mal, kini menyeruput Starbucks justru bisa dilakukan di lingkungan padat.

Baca Juga

Mengambil lokasi di Jalan Fachrudin Nomor 36, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Starbucks membuka gerai Community Store pertamanya di Indonesia. Community Store ini juga menjadi yang ke tiga di Asia Tenggara, setelah Korea Selatan dan Thailand.

Direktur PT Sari Coffee Indonesia, Anthony Cottan, mengatakan, Community Store sudah cukup lama direncanakan. Kawasan Tanah Abang dianggap paling tepat karena memiliki komunitas cukup besar, mulai dari sekolah, pesantren, pemukiman penduduk, hingga kental dengan sejarah.

"Starbucks tidak ingin hanya menawarkan kopi tetapi juga cerita, gaya hidup dan inspirasi," ujar Cottan saat pembukaan Starbucks Community Store di Jakarta, Kamis (20/2).

Melalui gerai komunitas, Starbucks mencoba mengajak pencinta kopi untuk berbagi dengan sesama melalui secangkir kopi. Sebab, sebagian hasil dari gerai akan diberikan untuk dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yakni Yayasan Komunitas Sahabat Anak dan Indonesian Street Children Organization (ISCO).

photo
Suasana Starbucks Community Store di Tanah Abang, Jakarta.

"Jadi dengan membeli, konsumen secara tidak langsung berdonasi, khususnya untuk masyarakat di sekitar gerai," ungkap Senior General Manager of Public Relations and Communications PT Sari Coffee Indonesia, Andrea Siahaan.

Andrea menjelaskan, sebagian hasil dari gerai ini akan diberikan kepada masyarakat, khususnya anak-anak di lingkungan Tanah Abang. Nantinya, donasi tersebut akan disalurkan untuk menciptakan kesempatan bagi anak-anak dalam memperoleh edukasi.

Tak hanya berbagi, Community Store juga menciptakan atmosfer berbeda bagi pengunjung. Terdiri dari tiga lantai, pengunjung bisa menyeruput kopi sambil menikmati lukisan dan mural yang bernada kemanusiaan.

Starbucks Community Store juga terbuka untuk kegiatan komunitas, termasuk agenda kesenian. Bahkan, menjelang bulan Ramadhan, gerai ini juga bisa digunakan untuk menunjang kegiatan Ramadhan dari komunitas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA