Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

USG 4D Hanya Rp 250 Ribu dengan Layanan Ini

Kamis 20 Feb 2020 19:07 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Dwi Murdaningsih

Ibu Hamil (Ilustrasi)

Ibu Hamil (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Dengan aplikasi Halobumil Prioritas memudahkan akses bagi pasien BPJS untuk USG 4D.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Kartika Pulomas, salah satu rumah sakit berbasis wakaf yang dikelola Dompet Dhuafa, membuka layanan Halobumil Prioritas. Layanan yang bekerja sama dengan pihak Halobumil ini memudahkan kalangan ibu hamil yang ingin melakukan USG 4D termasuk konsultasi dengan harga yang amat terjangkau. Hanya Rp 250 ribu.

Baca Juga

Direktur Utama Rumah Sakit Kartika Pulomas Wahyu Prabowo menjelaskan Halobumil adalah layanan yang membuat calon pasien dapat melakukan pendaftaran online, dengan berbasis pada digital. Dia mengatakan, seluruh layanan di RS Kartika Pulomas sudah didigitalisasi melalui sebuah aplikasi bernama Helfa.

Helfa, kata dia, adalah aplikasi yang telah digunakan oleh Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, RS Persahabatan, dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Sedangkan satu-satunya rumah sakit swasta yang menggunakan Helfa baru RS Kartika Pulomas.

"Helfa ini memudahkan akses bagi pasien BPJS. Sudah 80 persen pasien BPJS yang menggunakan aplikasi Helfa sehingga pasien kalau daftar itu enggak perlu daftar ke rumah sakit. Cukup di aplikasi 24 jam bisa daftar kapan pun di manapun," kata dia kepada wartawan di RS Kartika Pulomas, Jakarta Timur, Kamis (20/2).

Setelah mendaftar, pasien tidak perlu terburu-buru dengan mendatangi rumah sakit pada pagi hari. Pasien bahkan bisa datang 10 menit sebelum waktu pemeriksaan. "10 menit sebelumnya akan dinotifikasi oleh aplikasi," ujar dia.

Pendiri Halobumil Aziz Fahrudin menambahkan, Halobumil bukan aplikasi online ataupun pelayanan online, melainkan lewat Halobumil pasien dapat mendaftar secara online. Dengan begitu, pasien tidak perlu lagi menunggu lama untuk masuk ke ruang pemeriksaan.

"Jadi ibu-ibu tidak harus datang pagi-pagi sekali. Supaya waktu tidak terbuang sia-sia dan tidak menunggu lama. Jadi tidak menimbulkan crowded di rumah sakit. Apalagi sampai datang pagi-pagi padahal antreannya misalnya nomor 20. Jadi mereka bisa menyiapkan sarapan pagi juga kan untuk suami dan anak-anaknya," ujar dia.

Dengan layanan Halobumil Prioritas, pasien ibu hamil di Rumah Sakit Kartika Pulomas mendapat layanan USG 4D dengan harga terjangkau yakni Rp 250 ribu. Harga ini sudah termasuk konsultasi, administrasi, dan dan cetakan USG 2D dan 4D.

"Semua kalangan boleh mendaftar, dan tarif ini berlaku untuk semua kalangan," tutur dia.

Rumah Sakit Kartika Pulomas menggandeng Halobumil untuk membuka layanan Halobumil Prioritas bagi semua kalangan dengan layanan yang prima tanpa batas. Halobumil sendiri merupakan pelayanan kesehatan wanita (Women Health Care) yang memberikan berbagai layanan kesehatan pencegahan, diagnosis, dan perawatan dalam upaya meningkatkan kesehatan reproduksi wanita. Termasuk juga mencegah Angka Kematian Ibu (AKI).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA