Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Buah-buahan untuk Pelaku Diet Keto

Rabu 19 Feb 2020 03:27 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Dwi Murdaningsih

Air minum dengan tambahan rasa lemon.

Air minum dengan tambahan rasa lemon.

Foto: Pexels
Ketosis adalah keadaan membakar lemak untuk energi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet keto merupakan pola makan yang sedikit mengkonsumsi karbohidrat sehingga membuat tubuh menjadi ketosis. Ketosis adalah keadaan membakar lemak untuk energi, baik lemak maupun karbohidrat.

Menurut, pendiri Beth Warren Nutrition, Beth Warren, agar tetap dalam ketosis, Anda hanya mengonsumsi 5 persen hingga 10 persen kalori dari karbohidrat, atau biasanya kurang dari 20 gram total per hari. Sebagai gantinya makan protein dalam jumlah sedang dan lemak dalam jumlah tinggi.

“Ukuran porsi alpukat sangat diperdebatkan.  Beberapa orang mengatakan seperempat tentang buah, beberapa orang mengatakan setengah,” kata nutritionist berspesialisasi dalam diet keto, Sarah Jadin dilansir di laman Health, Selasa (18/2).

Untuk menunjang diet keto, berikut adalah buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi bagi tubuh.

Blackberry
Diare keto dan sembelit adalah fenomena nyata. Meskipun ada beberapa penyebab yang mungkin, salah satunya adalah serat yang tidak cukup.

Itu sebabnya makan makanan nabati yang kaya serat, seperti blackberry penting. Satu cangkir blackberry memiliki hampir 8 gram serat, yaitu sekitar sepertiga dari nilai harian yang Anda rekomendasikan

“Satu cangkir blackberry memiliki enam gram karbohidrat bersih, yang cocok dengan makanan.  Tetapi saya biasanya menyarankan agar orang mengonsumsi seperempat  cangkir, yang hanya 1,5 gram karbohidrat bersih," kata Warren.

Bluberi
Jadin mengatakan aturan praktis yang baik adalah buah-buahan yang lebih manis dengan rasanya cenderung lebih tinggi karbohidratnya. "Tidak mengejutkan bahwa blueberry memiliki lebih banyak karbohidrat daripada blackberry, yang kurang manis," kata Jadin.

Satu cangkir blueberry mengandung sekitar 17 gram karbohidrat bersih. Jumlah ini jauh lebih tinggi daripada buah beri lainnya dalam daftar. Warren mengatakan Anda kemungkinan besar dapat memasukkan seperempat hingga setengah cangkir ke dalam menu harian Anda sambil tetap dalam ketosis.

Kelapa
Satu setengah cangkir kelapa memiliki 13 gram lemak sehat, dan sekitar 2,5 gram karbohidrat bersih. Anda bisa membeli seluruh kelapa dan mengambil dagingnya sendiri, atau Anda bisa membelinya kering atau kalengan. Jika Anda memilih jenis kalengan, pastikan tidak ada tambahan gula yang ditambahkan.

Lemon
Gunakan buah jeruk lemon  untuk membumbui pra-keto pada  air atau teh. Perasan dari irisan lemon memiliki kurang dari setengah gram karbohidrat bersih, hanya 2 kalori, ditambah beberapa vitamin C dan kalsium.

Jeruk nipis
Sama seperti lemon, gunakan jeruk nipis pada air atau teh. Buah jeruk asam ini memiliki karbohidrat rendah sehingga aman.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA