Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Resep Burger Rumahan Ala Chef Ian Chin

Selasa 18 Feb 2020 18:21 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Chef Ian Chin membagikan tip menyiapkan burger rumahan yang mudah dan sehat di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, Senin (17/2).

Chef Ian Chin membagikan tip menyiapkan burger rumahan yang mudah dan sehat di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, Senin (17/2).

Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Chef Ian Chin membagikan resep burger sehat dan mudah dibuat di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — GEM terus menghadirkan banyak kejutan drama dan variety show menarik. Perjalanan selebritas Jepang icip-icip berbagai hidangan Jepang dalam Dare to Surprise season 2 menjadi salah satu tayangan yang terbaru pada Februari 2020 ini.

Dare to Surprise merupakan acara wisata dan makanan yang didedikasikan untuk menghadirkan beragam hidangan lezat di Jepang pada penonton. Tanpa bantuan staf produksi, selebritas ditantang melakukan banyak hal, seperti meminta izin pengambilan gambar di restoran hingga memilih topik percakapan. Hal-hal tak terencana itu menjanjikan kejutan-kejutan menarik pada penonton.

Salah satu episode Dare to Surprise mengundang aktor Jepang, Ryoma Takeuchi. Bersama tim produksi, Ryoma mendatangi sejumlah tempat makan untuk menicipi hidangan, salah satunya kedai Butcher Burger.

Dalam acara media gathering, GEM mengajak membuat burger rumahan yang mudah dan bergizi. Dengan dipandu juru masak Almond Zucchini chef Ian Chin membagikan resep mudah membuat burger di rumah.

Pertama, siapkan bahan-bahan, seperti 400 gram daging sapi giling kasar, garam dan lada sesuai selera. “Buat daging menjadi seukuran bakso, sesuai selera, jangan lupa cuci tangan setelah memegang daging mentah,” kata chef Chin di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, Senin (17/2).

Untuk saus, siapkan seperempat mayones, satu sendok makan mustard kuning, satu sendok teh madu, dua sampai tiga siung bawang putih, dan dua cubit parsley cincang. Lantas, siapkan, bawang bombai, selada, keju cheddar iris, parsley cintang kasar, dan empat roti hamburger ukuran medium.

“Potong bawang bombai dengan sisi irisan datar di bawah, agar tangan tidak terkena pisau. Penting juga pisau yang tajam. Saat memotong, cengkeram bawang bombai dengan lekukan luar ruas jari untuk meminimalisir ujung jari terluka,” ujar Chin.

Untuk membuat burger enak di rumah, menurut Chin, pertama siapkan saos aioli, tempatkan mayones, mustard, parsley cincang, dan madu dalam mangkuk kecil, kemudian aduk hingga menjadi satu. Kedua, potong cincang bawang bombai menjadi dadu kecil. Siapkan selada sesuai selera. Iris keju, jika belum diiris. Ketiga, bagilah daging menjadi empat bagian. Gulung menjadi bola. Bumbui kedua sisi daging dengan garam dan lada.

Baca Juga

photo
Chef Ian Chin membagikan tip memasak burger rumahan yang mudah dan sehat di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, Senin (17/2).

Keempat, panaskan wajan dengan api sedang sampai terlihat gumpalan asap. Tempatkan daging di wajan panas, kemudian tekan rata dengan spatula lebar hingga bentuk lingkaran tipis. Saat warnanya hangus, kemudian balik sisi daging dan langsung tambahkan keju di atasnya. Tutup wajan untuk membantu melelehkan keju.

“Wajan yang panas memberi tingkat kematangan yang baik. Pastikan wajan anti lengket,” kata Chin.

Masak daging sampai berwarna sama dengan sisi sebelumnya dan keju meleleh, kurang lebih sekitar satu menit. Jangan memsak terlalu lama. Ulangi untuk burger lainnya.

Kelima, potong roti burger menjadi dua dan oleskan saus aioli pada sisi dalam roti. Goreng sisi aioli dengan api sedang sampai matang.

Sementara itu, Anda bisa menumis bersamaan bawang bombai cincang, tetapi itu opsional. Keenam, siapkan burgernya. Oleskan lagi saus aioli di kedua sisi roti yang sudah matang. Susunan dimulai dari roti bagian bawah, saus cabai jika suka, daging, bawang bombai, selada, dan tutup dengan sisi roti atas. Hiasi dengan lebih banyak parsley.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA