Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Cara Barista Menyeduh Kopi Enak di Rumah

Selasa 18 Feb 2020 05:46 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Kopi. Penggemar kopi juga bisa menyeduh sendiri kopi enak di rumah.

Kopi. Penggemar kopi juga bisa menyeduh sendiri kopi enak di rumah.

Foto: Piqsels
Penggemar kopi juga bisa menyeduh sendiri kopi enak di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika ingin menghemat uang pada 2020 ini, maka menyeduh secangkir kopi pagi di rumah dapat menjadi awal yang mudah untuk memulainya. Apalagi, jika lingkungan keluarga bisa mendukung untuk tidak menggunakan cangkir sekali pakai.

Menyeduh kopi sendiri, tidak berarti harus menomorduakan rasa. Dengan sedikit penyesuaian pada rutinitas membuat kopi yang biasa diminum, maka Anda akan bisa menikmati secangkir kopi yang lebih enak tanpa harus meninggalkan rumah.

Beberapa barista dan pakar kopi memberi tahu cara menyeduh kopi enak di rumah. Dari mulai menggiling biji kopi hingga menjadi bubuk, berikut ini adalah alat dan tips terbaik dari mereka.

1. Investasikan sebuah grinder

Baca Juga

photo
Grinder kopi.

Aturan yang harus diketahui oleh setiap pembuat kopi rumahan, menurut Sam Spillman dari Dillanos Coffee Roasters dekat Seattle, AS, adalah membeli biji kopi utuh segar dan giling sebelum mulai pembuatan.

“Kopi berpotensi kehilangan begitu banyak rasanya setelah beberapa menit digiling. Kualitas secangkir kopimu akan jauh lebih baik dengan kopi yang baru ditumbuk,” ujar barista pemenang Kejuaraan Kopi AS 2019.

Spillman menyarankan untuk berinvestasi pada sebuah grinder. Karena ukuran gilingan dan ekstraksinya akan lebih konsisten.

Seperti dikutip laman CNN, pakar kopi dan penulis Craft Coffee: A Manual, Jessica Easto memberikan beberapa catatan grinder yang akan membuat rasa kopi stabil setiap harinya. Ia merekomendasikan grinder listrik Baratza Virtuoso untuk di rumah dan grinder manual Porlex JP-30 untuk bepergian.

2. Jangan lupakan air
”Menurut saya, bahan terpenting untuk membuat kopi adalah air dan kualitasnya. Karena 98 persen kopi adalah air. Oleh karena itu, kualitas air yang digunakan membuat perbedaan yang luar biasa dalam rasa cangkir kopi Anda,” kata Spillman.

Ada salah satu brand yang menawarkan paket mineral yang dapat ditambahkan ke air suling, seperti Third Wave Water. “Ketika ada magnesium dan kalsium di dalam air, akan lebih banyak rasa diekstrak dari biji kopi,” kata dia lagi.

3. Timbang biji kopi pilihan

photo
Biji kopi.

Spillman mengungkapkan, kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat menyeduh kopi di rumah adalah tidak menggunakan timbangan. Karena skala akan memberikan rasa paling akurat untuk takaran kopi dan air yang digunakan saat membuat kopi.

“Itu sama dengan memanggang. Jika kamu mengukur tepung dengan volume vs berat, itu akan berbeda setiap waktu,” papar Spillman.

4. Mesin kopi

photo
Aneka mesin kopi.

Mesin kopi seperti apa yang paling cocok digunakan di rumah? Para ahli mengatakan, jika bepergian maka bawa saja apa yang disukai sesuai keinginan hati, tetapi ia menyarankan untuk menyertakan mesin kopi manual.

“Metode terbaik adalah apapun yang membuat Anda merasa paling nyaman ketika Anda membuat kopi di rumah. Bersenang-senanglah dengan itu, karena membuat kopi harus menyenangkan!” kata Spillman.

5. Tingkatkan terus alat penyeduh kopi

Peminum espresso harus memerhatikan alat penyeduh kopinya. Favorit Spillman ada pada push tamper-nya, alat kecil yang digunakan untuk memadatkan bubuk kopi. Push tamper akan menghasilkan seduhan yang seragam dan menciptakan espresso dengan rasa lebih konsisten.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA