Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Kuliner Ini yang Diprediksi Masih akan Jadi Favorit 2020

Selasa 18 Feb 2020 05:22 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Muhammad Hafil

Kuliner Ini yang Diprediksi Masih akan Jadi Favorit 2020. Foto: Aneka kuliner sate (ilustrasi)

Kuliner Ini yang Diprediksi Masih akan Jadi Favorit 2020. Foto: Aneka kuliner sate (ilustrasi)

Foto: Republika/Amin MAdani
Beberapa kuliner masih menjadi kegemaran masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa kuliner favorit menjadi kegemaran masyarakat, ditandai oleh trend banyaknya pesanan kuliner itu melalui layanan pesan antar. Menurut aplikasi layanan pesan antar GoFood, kuliner itu antara lain ayam geprek, es kopi susu, dan pisang goreng. Lantas, bagaimana prediksi GoFood mengenai trend pada 2020?

Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo di Jakarta Selatan, menjawab pertanyaan tersebut. Setidaknya, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang diprediksi oleh GoFood akan jadi favorit dan banyak dipesan oleh pelanggan pada 2020 mendatang.

“Berdasarkan data yang kami dapatkan, jenis kuliner pertama yang diprediksi akan jadi favorit adalah nasi telur. Sekarang lagi banyak banget ya, nasi yang di atasnya diberikan telur ceplok. Kami lihat ini berkembang dan sangat kuat,” ungkap Catherine, pada Selasa (11/2).

Jenis makanan kedua yang diprediksi akan menjadi favorit para konsumen adalah menu varian ikan. Menu varian ini bisa sangat bermacam-macam, seperti menu nasi dory sambal matah, atau mie dory sambal matah.

“Atau fillet ikan goreng, misalnya. Jadi dasarnya adalah menu-menu ikan yang bermunculan, di samping menu-menu ayam yang masih akan disediakan oleh para merchant,” tutur dia.

Menurutnya, saat ini mulai banyak merchant-merchant yang menawarkan menu varian ikan. Alasannya, karen ikan merupakan makan yang  lebih sehat dan dapat menjadi pilihan bagi  konsumen.

Jenis makanan ketiga adalah bubur ayam. Sebab, Catherine melihat, tren pemesanan makanan pada pagi hari sebagai pemenuhan kebutuhan untuk sarapan semakin meningkat.

“Sebenarnya orang Indonesia mana yang nggak suka dengan bubur ayam? Jadi karena selaras dengan tren pesan makanan pada pagi hari, kami prediksi, bubur ayam juga akan menjadi tren pada 2020 mendatang,” jelas dia.

Sementara, pada menu minuman, minuman jenis coklat diprediksi akan menjadi favorit para pelanggan untuk memesan melalui pesan antar. Menurutnya, hal ini dikarenakan tidak semua masyarakat bisa meminum kopi.

Oleh sebab itu, para merchant memberikan inovasi dengan membuat pilihan minuman dari coklat. “Kita lihat trendnya, semakin lama semakin banyak menu-menu yang disajikan dengan varian coklat,” ungkap Catherine.

Hal yang sama juga menjadi alasan diprediksinya menu es biskuit regal yang menjadi jenis minuman favorit pesanan khalayak. Menu es yang dicampur dengan biskuit regal akan menjadi alternatif masyarakat selain meminum kopi.

Lalu, pada menu jajanan, Catherine memprediksi makanan gorengan akan masih menjadi favorit orang-orang Indonesia. Secara spesifik, jajanan itu antara lain bakwan, tahu, serta, donat.

Menurutnya, hal ini lantaran orang-orang Indonesia gemar memesan makanan melalui pesan layanan antar pada waktu sore hari. Oleh karena tren ini mulai meningkat, maka jajanan ini diprediksi akan menjadi jajanan yang disukai oleh masyarakat.

Catherine mengatakan, secara keseluruhan, prediksi ini didapatkan berdasarkan data pertumbuhan dari penjualan makanan dan minuman selama enam bulan terakhir. Metodologinya, kata dia, dia mengambil kata kunci berupa nama makanan dan minuman.

Misalnya adalah kata ‘bakwan’ atau ‘nasi telur’. Setelah didapatkan datanya, mereka memeriksa secara spesifik mengenai pertumbuhan pemesanan yang sukses pada layanan pesan antar GoFood.

“Setelah itu, data pertumbuhan itu kita bandingkan dengan rata-rata pertumbuhan kita sendiri, dan makanan-makanan yang lain. Jadi bukan berarti ini volumenya besar, tetapi artinya ini adalah makanan-makanan yang pertumbuhannya lebih besar dari makanan-makanan lain,” tutur dia.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA