Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Cara Membeli Tiket Kereta Api Online, Gampang Banget

Ahad 16 Feb 2020 15:18 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Mau pergi atau liburan pakai kereta? Pesan online saja biar lebih mudah. Ini cara membeli tiket kereta api online melalui website KAI. Gampang banget kok.

Kereta api menjadi salah satu moda transportasi favorit di Indonesia, terutama untuk rute dari Jakarta ke Pulau Jawa. Selain nyaman dan bebas macet, harga tiket kereta juga masih terjangkau.

Dalam perkembangannya, transportasi umum kereta api dan fasilitasnya, seperti stasiun telah mengalami perubahan signifikan. Sangat tertata rapi, bersih dengan sistem yang kian canggih. Termasuk untuk urusan layanan penjualan tiket, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan ragam channel.

Kini, masyarakat sudah bisa membeli tiket kereta api secara online. Jadi tidak perlu repot-repot lagi datang ke stasiun untuk antre panjang membeli. Cukup dari rumah atau di manapun berada, asal terhubung dengan jaringan internet, tiket kereta sudah bisa diperoleh. Prosesnya pun sangat cepat, hanya dalam hitungan menit.  

Baca Juga: Cara Beli Tiket Kereta Bandara

 

Melalui Website PT KAI atau KAI Access

KAI
Website KAI untuk Pemesanan atau Pembelian Tiket Kereta Api Online

Tiket kereta sudah dapat dipesan H-90 atau 90 hari sebelum keberangkatan bila menggunakan aplikasi KAI Access. Sementara pemesanan lewat internet dapat dilakukan untuk waktu keberangkatan H-30 sampai dengan 3 jam sebelum keberangkatan kereta.

Salah satu channel penjualan atau pembelian tiket kereta secara online adalah lewat website KAI. Anda dapat mengunjungi https://kai.id/ dari perangkat komputer maupun ponsel. Atau mengunduh aplikasi KAI Access di Google Playstore ataupun App Store.

Cara Membeli Tiket Kereta Api Online:

1. Buka https://kai.id/

2. Di halaman utama, ada kolom “Pemesanan Tiket”

3. Isi kolom tersebut, seperti Stasiun Asal, Stasiun Tujuan, Tanggal Keberangkatan, jumlah penumpang dewasa maupun anak-anak. Untuk penumpang anak-anak, usia di bawah 3 tahun tetap harus print tiket meski gratis. Sedangkan umur lebih dari 3 tahun, harus membeli tiket dewasa

4. Setelah itu, klik “Pesan & Cari Kereta.

Sebagai contoh:

  • Stasiun Asal: Pasar Senen
  • Stasiun Tujuan: Semarang Poncol
  • Tanggal keberangkatan: 7 Februari 2020
  • Jumlah penumpang dewasa: 2 orang
  • Jumlah penumpang anak-anak: -

Kemudian klik “Pesan & Cari Kereta,” maka akan muncul informasi nama kereta api yang beroperasi berikut jam keberangkatan, durasi, perkiraan waktu tiba, serta harganya.

5. Jika sudah memutuskan kereta yang dipilih beserta jam keberangkatan, klik “Pesan.”

6. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman Pemesanan. Berisi kolom-kolom data pemesan, termasuk data penumpang yang harus Anda isi secara lengkap.

Di antaranya panggilan atau title, nama pemesan, tipe identitas diri yang akan Anda masukkan (KTP/SIM/Paspos atau lainnya), nomor identitas diri sesuai tipe identitas yang sudah Anda pilih, nomor HP pemesan, alamat email, alamat atau domisili, dan kotanya.

KAI
Halaman Pemesanan Tiket Kereta Api Online via Website KAI

7. Kemudian masukkan data penumpang. Bila Anda sebagai pemesan termasuk penumpang kereta, klik di kolom kecil “Tambahkan ke Daftar Penumpang.” Maka data yang sudah Anda ketik sebagai Pemesan, otomatis akan masuk ke Data Penumpang 1. Selanjutnya Anda tinggal masukkan Data Penumpang 2.

8. Pastikan cek lagi data yang sudah Anda masukkan

9. Jika sudah benar, lalu klik di kolom kecil “Dengan Ini Saya Setuju dan Mematuhi Persyaratan dan Ketentuan.” Lalu klik lagi di bagian kolom “I’m not a Robot.”

Baca Juga: Intip Fakta dan Jeroan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Ciamik Banget

10. Setelah itu, klik “Pesan” di bagian bawah

11. Akan muncul kotak pertanyaan, “Apakah data sudah diisi dengan benar?” Jika ya, klik “Ok.” Jika masih ragu, klik “Cancel.”

12. Selanjutnya akan muncul Ringkasan Pemesanan. Terdiri dari data pemesan dan data penumpang. Tertera juga harga tiket, nama kereta yang dipilih, stasiun keberangkatan dan tujuan, tanggal keberangkatan dan tiba, serta nomor gerbong dan kursi.

13. Anda dapat mengganti kursi atau tempat duduk dengan klik “Pilih Kursi.” Lalu pilih gerbong dan kursi yang Anda inginkan. Sebelumnya lihat dulu yang masih kosong. Jika sudah, klik P1 di bagian atas, lalu klik pada kotak (kursi) yang kasih kosong dan Anda inginkan. Kemudian dilanjutkan klik P2 di bagian atas, lalu klik lagi di kotak kosong samping P1.

KAI
Cara Pindah Kursi saat Membeli Tiket Kereta Api Online via Website KAI

14. Setelah selesai klik “Konfirmasi Pindah Kursi”

15. Cek di sebelah kanan, jika nomor gerbong dan kursi sudah berubah, berarti pindah kursi Anda berhasil

16. Anda dapat melanjutkan dengan klik “Lanjut ke Pembayaran”

17. Metode pembayaran yang dapat dipilih:

  • Payment point melalui PT Pos Indonesia (Persero)
  • ATM/Mobile Banking/Internet Banking. Pilih bank yang Anda inginkan

Contoh cara pembayaran tiket kereta api via ATM BCA:

    - Masukkan kartu dan ketik nomor PIN di ATM

    - Pilih menu “Transaksi Lainnya”

    - Pilih menu “Pembayaran”

    - Pilih layar “Berikutnya” lalu pilih menu “Lain-lain”

    - Masukkan kode PT KAI untuk BCA yaitu 711711, lalu pilih “Benar”

    - Masukkan “Kode Pembayaran” yang sudah Anda terima. Pastikan Anda tidak salah masukkan kode pembayaran

    - Lalu pilih “Benar”

    - Pada tampilan “Konfirmasi Pembayaran”, pastikan data yang ditampilkan sesuai dengan data pemesanan, lalu      pilih “Benar”

    - Transaksi pembayaran tiket kereta api selesai.

  • Gerai ritel, seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret.
  • Pembayaran dapat dilakukan maksimal 1 jam sejak tanggal dan jam pemesanan. Jika lewat waktunya, tiket yang sudah Anda booking batal atau hangus. Bila ingin beli lagi, Anda harus memesan ulang.

18. Setelah selesai seluruh proses pembelian tiket kereta api online melalui website KAI, Anda akan memperoleh bukti pembayaran transaksi tiket kereta atau e-tiket di email yang sudah Anda masukkan dalam data pemesan.

KAI
Contoh e-Tiket yang dikirimkan ke email penumpang setelah melakukan pembayaran 

20. E-tiket ini dapat Anda cetak sebelum tanggal keberangkatan di mesin-mesin pencetakan yang ada di stasiun dengan menggunakan barcode atau memasukkan kode pemesanan

KAI
e-Tiket yang dicetak menjadi boarding pass

  • Pencetakan tiket ini sudah bisa Anda lakukan sejak 7 hari sebelum tanggal keberangkatan. Tiket yang sudah dicetak atau boarding pass tersebut ditunjukkan ke petugas saat Anda akan memasuki peron stasiun.

Jangan Lupa Gunakan Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan bukan saja untuk melindungi perjalanan Anda menggunakan pesawat. Kereta api juga bisa. Asuransi perjalanan kereta api ini akan memberikan jaminan atau ganti rugi atas kejadian tak terduga selama perjalanan Anda.

Risiko tersebut di antaranya, kecelakaan diri, pembatalan perjalanan, kehilangan barang, biaya pengobatan akibat kecelakaan, keterlambatan perjalanan, dan risiko lainnya. Ada banyak pilihan produk asuransi perjalanan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan bujet. Salah satunya melalui marketplace produk keuangan Cermati.com.

Baca Juga: Viral ‘Ngevape’ di Kereta, Ini Lho Aturan Naik Kereta dan Sanksinya

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA