Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Bolehkah Minum Kopi Sebelum Nge-gym?

Sabtu 15 Feb 2020 05:03 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Ada sejumlah orang yang terbiasa mengonsumsi kopi sebelum berolahraga (Foto: ilustrasi kopi)

Ada sejumlah orang yang terbiasa mengonsumsi kopi sebelum berolahraga (Foto: ilustrasi kopi)

Foto: Pixabay
Ada sejumlah orang yang terbiasa mengonsumsi kopi sebelum berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, menyeruput kopi di pagi hari menjadi rutinitas wajib untuk menambah energi. Bahkan ada pula yang terbiasa mengonsumsi kopi sebelum berolahraga atau berangkat gym. Tapi apakah ini membantu membakar lemak?

Dilansir Mind Body Green, Sabtu (15/2), disebutkan bahwa mengonsumsi kopi sebelum berolahraga mampu meningkatkan kinerja fisik, bahkan membantu membakar lebih banyak lemak.

Hal itu terjadi karena kandungan kafein dalam kopi bisa melawan rasa kantuk. Adenosin kimia bertanggung jawab untuk membuat kita merasa lelah, tetapi ketika kita mengonsumsi kafein, itu akan berjuang untuk mendapatkan tempat di reseptor otak dan mengalahkan adenosin.

Kafein juga mampu merangsang tubuh agar tidak mudah lelah dan aktif melakukan beragam hal. Bahkan jika Anda seorang peminum kopi berat, penelitian mengatakan itu tidak mengubah efek positif kafein.

Beberapa penelitian yang ada juga menyimpulkan bahwa kafein memberikan peningkatan kinerja atletik. Sebuah studi yang mengamati lebih dari 4.800 orang menemukan bahwa peningkatan atletik seseorang meningkat berkisar antara 2 hingga 16 persen setelah mengonsumsi kafein.

Adapun untuk takaran ideal, 4,5 hingga 6 miligram kafein per kilogram berat badan dinilai pas untuk memacu peningkatan kinerja atletik. Artinya seseorang yang beratnya sekitar 140 pon, kondumsi kafein sebelum olahraganya adalah 20 ons.

Satu lagi, setelah minum kopi, jangan lupa untuk memberi jeda setidaknya 30 menit untuk melakukan olahraga atau gym.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA