Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Sering Kecewa Saat Belanja Daring? Coba Tip Ini!

Jumat 14 Feb 2020 11:58 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Seringkali konsumen merasa tertipu karena produk yang dibeli tak sesuai ekspektasi (Foto: ilustrasi Belanja Daring)

Seringkali konsumen merasa tertipu karena produk yang dibeli tak sesuai ekspektasi (Foto: ilustrasi Belanja Daring)

Foto: Flickr
Seringkali konsumen merasa tertipu karena produk yang dibeli tak sesuai ekspektasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbelanja fesyen di e-commerce menjadi hal lumrah di era digital seperti sekarang. Dengan alasan lebih praktis, fleksibel, segudang diskon, promo ongkos kirim dan faktor lainnya, kian banyak masyarakat yang kepincut untuk belanja di e-commerce.

Namun sayangnya, hingga kini masih banyak masyarakat yang merasa tertipu karena produk tidak sesuai deskripsi, atau produk tidak pas di pakai, dan masalah lain. Content Creator sekaligus Fashion Enthusiast Ayla Dimitri memberikan beberapa tips sederhana guna meminimalisir kesalahan belanja fesyen di e-commerce.

Menurut Ayla, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui size pakaian atau sepatu yang tepat sebelum membeli produk. Karena itu sebelum membeli, pastikan kamu mengukur ukuran panjang lengan, pinggang, pinggul, panjang kaki dan lainnya.

"Selain itu kita juga harus mengetahui mengetahui size kita untuk merek tertentu. Karena kadang kala berbeda ukuran kita untuk merek ini sekian dan yang lain sekian," kata Ayla dalam konferensi pers Shoppee di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Kemudian tips kedua, sebelum membeli produk fesyen, Ayla juga menyarankan untuk selalu mengecek deskripsi produk. Ketahui terlebih dahulu bahannya, detail desain dan keterangan lainnya.

Menurut Ayla, membaca deskripsi produk adalah hal terpenting. Sebab jika berbelanja fesyen di e-commerce, kita tidak bisa melihat, meraba atau bahkan mencoba produk seperti halnya belanja di toko.

"Tips lain dari aku paling kalau mau beli produk baju atau sepatu, kita harus benar-benar tahu produk itu nantinya bakal dipadupadankan sama item fashion apa, gitu, jadi benar-benar kepake," kata Ayla.

Di sisi lain Ayla juga menekankan pentingnya berbelanja di e-commerce yang terpercaya dan menyediakan fitur pengembalian. Hal itu penting diperhatikan untuk antisipasi, manakala produk yang dipesan tidak sesuai atau terdapat cacat.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA