Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Imbas Virus Corona, Tiket Pesawat ke 3 Destinasi Wisata ini Jadi Murah

Kamis 13 Feb 2020 14:20 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Karena virus corona mewabah, perjalanan penerbangan dari luar negeri ke Indonesia pun terbatas. Kini, pemerintah beri diskon tiket pesawat untuk destinasi wisata tertentu.

cermati.com/q_70/a89laex1u85awmpbjrms" alt="Tiket Pesawat" width="620" height="372" />
Ilustrasi tiket pesawat

Baca Juga

Cermati.com, Jakarta – Tak dimungkiri, wabah virus corona jenis baru makin meresahkan masyarakat dunia seiring belum ditemukannya vaksin untuk mencegah penyebarannya. Imbas virus corona ini pula pariwisata jadi sepi peminat.

Banyak orang enggan melakukan perjalanan penerbangan walau sekadar untuk liburan karena takut tertular penyakit ini. Mengingat virus corona cukup mudah penularannya.

Asal tahu saja, sebelumnya virus corona baru ini disebut 2019-nCoV. Kini Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagaimana diberitakan AFP, pada 11 Februari lalu, mengumumkan nama baru untuk virus corona ini, yakni Covid-19.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menjabarkan nama Covid-19 ini diambil dari “co” yang merupakan nama corona, lalu “vi” adalah virus, kemudian “d” dari kata deases, dan 2019 adalah tahun saat wabah virus corona jenis baru itu pertama kali muncul.

 

Pariwisata Sepi Peminat

Turis Asing
Ilustrasi turis asing

Kondisi ini mulai berdampak pada pariwisata dalam negeri, terutama seiring langkah pemerintah yang menyetop akses masuk wisatawan asal Tiongkok. Sementara itu, selama ini jumlah wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia relative cukup banyak.

Oleh karena itulah pemerintah menyiasatinya dengan meminta maskapai penerbangan memberikan diskon tiket pesawat untuk rute dalam negeri. Harapannya, masyarakat dalam hal ini wisatawan domestik terdorong melakukan perjalanan penerbangan sehingga perekonomian daerah-daerah pariwisata tetap tejaga.

Akan tetapi, diskon tiket pesawat itu tidak untuk semua destinasi wisata. Lalu, penerbangan tujuan wisata mana saja yang harga tiketnya didiskon? Sebelum itu, simak ulasan Cermati.com berikut ini.

Indonesia Tutup Penerbangan 'Dari dan Ke' China

Penerbangan ke China Ditutup
Ilustrasi penutupan penerbangan dari dan ke China

Seiring merebaknya virus corona ini pula, banyak negara memutuskan menutup beberapa rute penerbangan, khususnya dari dan ke Wuhan, China, yang merupakan kota munculnya wabah ini, serta beberapa kota lain di sekitar Provinsi Hubei. Bahkan ada sejumlah negara yang memutuskan menutup penerbangan ke seluruh wilayah China.

Sejauh ini sudah ada sekira 31 negara yang menangguhkan penerbangan ke China, sebagaimana Reuters beritakan. Termasuk Indonesia juga melakukan hal serupa guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

Tentu saja, hal ini berdampak pada kunjungan wisatawan mancanegara dari Tiongkok ke Indonesia. Mengingat wisatawan dari Negeri Tirai Bambu ini juga cukup banyak. Berapa jumlah wisatawan China ke Indonesia?

Baca Juga: Kabar Terbaru Penemuan Vaksin Virus Korona. Simak di Sini!

Jumlah Wisatawan China ke Indonesia

Turis China
Ilustrasi rombongan wisatawan asal Tiongkok

Data Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) mencatatkan, jumlah wisatawan (wisman) mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019 sebanyak 16,1 juta kunjungan. Di bulan Desember 2019 saja, jumlah wisman sebanyak 1,37 juta kunjungan.

Dari jumlah kunjungan wisman pada Desember 2019 tersebut, wisatawan dari China menduduki urutan ketiga dari 5 besar negara yang warga negaranya mengunjungi Indonesia. Berikut jumlah wisman berdasarkan negara asalnya pada bulan Desember 2019:

  • Malaysia (239,8 juta kunjungan) atau 17,4% dari total wisman
  • Singapura (207,3 juta kunjungan) atau 15,1% dari total wisman
  • Tiongkok (154,2 juta kunjungan) atau 11,2% dari total wisman
  • Australia (125,6 juta kunjungan) atau 9,1% dari total wisman
  • Timor Leste (106,6 juta kunjungan) atau 7,7% dari total wisman
  • Lainnya (543,6 juta kunjungan) atau 39,5% dari total wisman

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Subandio, menyebutkan kunjungan wisatawan asal Tiongkok tahun 2019 mencapai US$2,07 juta dengan total biaya yang dihabiskan setiap kali kunjungan mencapai US$1400 per orang.

“Secara devisa (yang diperoleh negara dari kunjungan wisatawan Tiongkok) mencapai US$2,8 miliar. Ini baru dampak langsung dari wisatawan Tiongkok,” kata dia seperti dikutip dari Katadata.

Tak hanya kehilangan wisatawan dari Tiongkok, Indonesia juga berpotensi menghadapi penurunan wisatawan dari negara lain yang memilih menunda perjalanannya akibat penyebaran virus corona ini. Maka, negara bisa kehilangan devisa hingga US$4 miliar.

3 Destinasi Wisata ini Harga Tiketnya Didiskon

Demi menggenjot kembali perekonomian sektor leisure yang lesu akibat merebaknya virus corona ini, pemerintah meminta maskapai penerbangan memberikan diskon tiket penerbangan domestik ke beberapa daerah wisata. Kemenparekraf pun mengakui beberapa daerah wisata yang banyak dikunjungi turis mancanegara sudah mulai sepi.

Dengan adanya diskon itu, harga tiket pesawat ke beberapa destinasi wisata pilihan jadi murah. Pemberian diskon tiket pesawat itu untuk destinasi wisata berikut ini:

  1. Bali
  2. Sulawesi Utara
  3. Bintan

Namun, besar potongan harga tiket pesawat ke tiga destinasi wisata itu hingga saat ini masih dilakukan penghitungan. Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati, seperti dilansir dari Liputan6, mengakui masih dikalkulasi seberapa besar pemberian diskon untuk tiket pesawat tujuan pariwisata tertentu dan harapannya bisa ditemukan hitungan yang tepat di bulan Februari ini.

Baca Juga: Pulau Bintan, Destinasi Wisata Terpopuler yang Tidak Boleh Dilewatkan

Astindo Minta Diskon Tiket Juga ke Destinasi Wisata Lainnya

Peta Pariwisata Indonesia
Peta pariwisata Indonesia via IndonesiaTravel

Asosiasi Travel Agen Indonesia (Astindo) menyambut baik langkah pemerintah untuk memberikan diskon khusus untuk penerbangan domestik ke tiga destinasi wisata tersebut. Namun Sekretaris Astindo, Pauline Suharno, berahap diskon tiket itu juga diberikan untuk rute-rute wisata lainnya di dalam negeri.

“Sebenarnya tidak hanya tiga destinasi itu saja yang perlu diberi subsidi atau diskon. Karena sebenarnya tiga destinasi ini walaupun mereka sekarang merasa susah karena berkurangnya turis China yang masuk, tapi bagaimana dengan destinasi-destinasi lain? Kami sebenarnya ingin (pemberian diskon tiket) merata ke seluruh daerah, karea memang tingkat penerbangan domestik turun,” kata Pauline seperti dikutip dari Liputan6.

Nemu Tiket Murah, Jangan Lupa Lindungi Diri dengan Asuransi Perjalanan

Tiket Pesawat
Ilustrasi mendapatkan tiket pesawat

Terus pantau harga tiket di tiap maskapai penerbangan ataupun agen perjalanan untuk dapatkan tiket murah. Saat menemukan tiket pesawat murah, pasti sangat menyenangkan dan inginnya terus jalan-jalan. Tapi ingat, jangan pernah mengabaikan untuk melindungi diri dengan asuransi perjalanan.

Apakah Anda berencana bepergian dalam waktu dekat? Lalu, asuransi perjalanan apa yang tepat dan sebaiknya dibeli untuk menemani perjalanan Anda? Enggak perlu bingung di mana beli asuransi perjalanan dan pilihan asuransi perjalanan terbaik, tinggal klik dan pilih di SINI.

Baca Juga: Mengingatkan: Sudahkah Anda Terlindungi Asuransi Perjalanan?

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA