Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Ini 3 Kuliner Favorit yang Dipesan Layanan Antar Selama 2019

Rabu 12 Feb 2020 10:19 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Friska Yolanda

Ayam geprek (ilustrasi). Layanan antar mengirimkan 300 juta porsi ayam geprek di sepanjang tahun 2019.

Ayam geprek (ilustrasi). Layanan antar mengirimkan 300 juta porsi ayam geprek di sepanjang tahun 2019.

Foto: Dok. Ayam Geprek Om Tian
Layanan antar mengirim 300 juta porsi ayam geprek di sepanjang 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi kegiatan yang serbacepat membuat masyarakat tak ingin repot untuk memasak dan makan. Era saat ini, masyarakat lebih menginginkan makan makanan yang praktis, enak, serta mengenyangkan. 

Oleh karenanya, layanan pesan antar makanan seperti Gofood, menjadi sebuah inovasi yang sangat diminati oleh masyarakat. Selama 2019, Gofood pun mengkoleksi data, apa saja makanan yang kerap dipesan oleh pengguna Gofood selama 2019.

“Yang pertama, sudah pasti ayam geprek,” kata Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo di Jakarta Selatan, Selasa (11/2). 

Menurutnya, menu makanan ayam geprek telah terjual sebanyak 300 juta porsi dalam setahun. Menu ini tak hanya dibeli dalam sebuah warung makan yang memiliki nama dan menu ‘Ayam Geprek' saja. Banyak merchant-merchant mitra GoFood yang merupakan sebuah depot, warung tegal, dan rumah makan juga memiliki menu ayam geprek.

Bahkan, nama-nama menu ayam geprek juga tak selalu sama. Ada beberapa warung makan yang memberikan nama menu ayam penyet, atau bahkan ayam bledhek

“Intinya sebenarnya, ayam goreng yang diberi sambal,” tutur Catherine.

Selanjutnya, menu kuliner kedua yang paling banyak dipesan oleh konsumen pada 2019 adalah es kopi susu. Menurut data darinya, kopi susu telah dipesan sebanyak 15 juta gelas selama 2019. 

Catherine mengatakan, maraknya pesanan kopi susu melalui layanan pesan antar Gofood membuat jenis minuman ini merupakan jenis minuman khas Indonesia. “Kopi susu ini merupakan suatu minuman yang sudah Indonesia banget, yang sudah menjadi kebiasaan untuk dikonsumsi setiap hari,” jelas dia. 

Sementara, menu kuliner ketiga yang menjadi favorit masyarakat adalah camilan pisang goreng. Menurut data dari Gofood, setidaknya ada sebanyak lima juta pisang goreng yang dipesan selama 2019. 

“Yang namanya orang Indonesia, nggak jauh dan nggak lari kemana-mana harus gorengan dan pisang. Karena ini adalah menu makanan yang sangat khas Indonesia,” ungkap Catherine. 

Catherine mengatakan, menu makanan dan minuman favorit yang dia ambil untuk menjadi tren selama 2019 itu merupakan menu makanan dan minuman yang terus menjadi hits dari zaman ke zaman. Sebab, selama risetnya, dia dan timnya juga kerap mendapatkan menu yang sempat populer, namun masa kepopulerannya menurun.

Ketiga jenis makanan itu juga merupakan jenis makanan yang memiliki pertumbuhan penjualan yang paling tinggi dalam layanan pesanan antar di Gofood. Ketiga jenis kuliner ini merupakan menu yang sangat stabil dalam permenuan kuliner di Gofood. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA