Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Penggemar Lemonade? Coba Resep Sederhana Ini di Rumah

Jumat 07 Feb 2020 22:11 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah

Ada cara tepat untuk membuat lemonade dengan manfaat kesehatan yang optimal (Foto: minuman lemonade)

Ada cara tepat untuk membuat lemonade dengan manfaat kesehatan yang optimal (Foto: minuman lemonade)

Foto: Pixabay
Ada cara tepat untuk membuat lemonade dengan manfaat kesehatan yang optimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air lemon atau lemonade merupakan salah satu minuman sederhana yang sehat dan sangat menyegarkan. Cara membuatnya pun cukup mudah. Tapi, ada sejumlah cara tepat untuk membuat lemon water dengan manfaat kesehatan yang optimal.

Dilansir dari Pure Wow pada Jumat (7/2), hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memilih lemon yang benar-benar segar. Hindari lemon yang terlalu keras karena bisa jadi itu merupakan buah yang belum matang.

Setelah itu, potong lemon jadi dua bagian kemudian peras menggunakan alat pemeras lemon atau lemon squeezer. Kemudian, campurkan hasil perasan itu dengan air putih.

Nah, selanjutnya, temperatur air juga jadi hal penting. Karena, temperatur dapat mengubah struktur molekul jus lemon dan mengurangi manfaat yang ada. Seorang ahli gizi, Wendy Leonard mengatakan, air yang paling baik adalah air dengan suhu ruangan.

Oleh karena itu, ia pun sangat menyarankan agar racikan air lemon hanya menggunakn air dengan suhu ruangan. Bukan air dingin atau air panas.

Soal manfaat, ternyata racikan sederhana ini memiliki sejumlah manfaat sekaligus. Salah satu manfaat utamanya adalah untuk pencernaan. Minuman ini mampu meredakan mulas dan kembung.

Selain itu, air lemon juga berperan dalam merangsang sauran pencernaan dan membuat tubuh lebih mampu dalam menyerap nutrisi. Tak hanya itu, minuman ini pun ternyata juga mampu menekan nafsu makan.

Lemon merupakan buah yang mengandung pektin, sebuah serat yang bersifat menahan keinginan untuk makan. Artinya, minuman ini bisa jadi teman bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Tak hanya itu, lemon merupakan buah yang dikenal kaya dengan vitamin C. Artinya, minuman ini sekaligus bisa jadi anti oksidan yang mampu meningaktkn kekebalan tubuh.

“Satu butir lemon mengandung setengah jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan,” ujarnya. Tak hanya bagi kesehatan tubuh. Vitamin C dalam lemon pun otomatis juga berperan bagi kesehatan kulit.

Artinya, racikan ini akan sangat berperan dalam meningkatkan elastisitas kulit dan memperbaiki sel kulit yang rusak.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA