Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

4 Minuman Sehat yang Membantu Bakar Lemak dalam Tubuh

Kamis 30 Jan 2020 07:00 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah / Red: Nur Aini

Teh hijau

Teh hijau

Foto: Boldsky
Minuman sehat pada pagi hari tidak hanya menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain rutin aktivitas fisik, mengonsumsi minuman sehat dan rendah kalori juga harus menjadi 'teman' diet buat kamu. Menambahkan minuman sehat ke dalam rutinitas pagi tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memperlancar metabolisme tubuh.

Baca Juga

Apa saja minhman sehat itu? Berikut rinciannya seperti dilansir Times Now News, Rabu (29/1).

1. Minuman lidah buaya

Minuman ini penuh dengan mineral juga antioksidan yang bisa memperlancar pencernaan, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Cara membuatnya, tuangkan air ke dalam gelas lalu tambahkan 2-3 sendok makan gel lidah buaya. Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan jus lemon segar dan sedikit madu untuk menambah rasanya.

2. Minuman jahe dan air lemon

Selama ribuan tahun, jahe dan lemon telah digunakan sebagai obat rumahan untuk menurunkan berat badan serta mengobati berbagai masalah kesehatan, termasuk mual dan nyeri. Jahe dan lemon mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi dan senyawa bermanfaat lainnya.

Minum perasan lemon dan jahe dapat membantu menurunkan berat badan juga menyehatkan tubuh. Cara membuatnya, siapkan air hangat yang telah dicampurkan jahe lalu peras setengah lemon ke dalamnya dan minumlah.

3. Minum sari cuka apel

Sari cuka apel adalah populer khasiatnya dalam menurunkan kadar gula darah, mengurangi kolesterol, membantu penurunan berat badan dan manfaat lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa asam asetat, bahan utama dalam sari cuka apel, memiliki potensi untuk membunuh patogen, termasuk bakteri. Cara membuatnya, cukup aduk dua sendok teh cuka sari apel dan tambahkan sedikit madu dan minumlah.

4. Teh hijau

Sifat pembakaran lemak green tea memang sudah terkenal. Teh hijau, kaya akan antioksidan dan senyawa lain yang dapat meningkatkan kesehatan dalam tubuh.  Epigallocatechin gallate (EGCG), antioksidan utama dalam teh hijau, dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung penurunan berat badan.

Cara membuatnya, ambil satu sendok teh teh hijau longgar atau satu kantong teh (per cangkir) ke dalam teko. Tuangkan di atas air mendidih dan biarkan kantong teh selama sekitar 3-5 menit. Angkat kantong teh dan minumlah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA