Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Di Balik 'Cekot-Cekot' Cantengan 

Rabu 29 Jan 2020 00:24 WIB

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)

Sumber: Hipwee

Sumber: Hipwee

Cantengan biasanya terjadi pada jempol kaki.

CEKNRICEK.COM -- Cantengan adalah kondisi ketika kuku tumbuh ke dalam, menekan kulit di sekitarnya, sehingga menyebabkan ujung dan pinggiran kuku menjadi merah, bengkak, dan cekot-cekot. Pada kondisi infeksi yang parah, bahkan bisa menyebabkan demam.

Cantengan biasanya terjadi pada jempol kaki. Karena, jempol kaki merupakan bagian yang paling menahan beban tubuh ketika berdiri atau berjalan.

Kepada Self.com, Quinton Yeldell, D.P.M., pendiri brand perawatan kuku dan kaki Southern Hospitality mengatakan, penyebab cantengan yang paling umum terjadi karena sepatu yang dipakai kesempitan sehingga jempol kaki menekuk di dalam. Kondisi itu menyebabkan trauma dan kelainan jaringan pada kuku, yang memicu timbulnya jamur serta penebalan kuku. 

Beberapa tipe kaki juga bisa membuat rentan cantengan. Pemilik telapak kaki yang terlalu datar, misalnya sulit menemukan sepatu yang benar-benar pas. Memakai sepatu yang tidak pas secara terus-menerus akan membuat jari-jari kaki saling menekan dan akhirnya memicu cantengan.  

Mengatasi Cantengan
Cantengan bisa saja diatasi sendiri di rumah. Tapi jika sudah ada tanda-tanda infeksi seperti jempol yang membengkak dan bernanah, sebaiknya pergi ke dokter spesialis penyakit kaki. 

Di Balik 'Cekot-Cekot' Cantengan 
Sumber: Hipwee

Baca Juga: Trik Menjaga Kuku Tetap Sehat dan Bersih

"Kuku yang tumbuh ke dalam tanpa ada tanda-tanda infeksi bisa digunting sendiri dengan sangat hati-hati tanpa harus ke dokter," kata Quinton.

Saat menggunting kuku yang tumbuh ke dalam, pastikan Anda memakai gunting kuku yang steril dan tajam. Hindari memakai gunting kuku yang sudah tumpul atau berkarat.

Guntinglah dengan sangat berhati-hati untuk mencegah gunting kuku melukai kulit di sekitarnya. Jika sudah terjadi luka, bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam kuku dan menyebabkan infeksi.

Jika sudah ada tanda-tanda infeksi seperti sakit yang tak tertahankan, bengkak, merah, dan ada nanah, sangat disarankan untuk segera mendatangi dokter. Jangan pernah coba-coba mengobatinya sendiri karena justru bisa bertambah parah, terutama jika Anda memiliki riwayat diabetes atau radang sendi. 

Cara Pencegahan
Mencegah cantengan, menurut Quinton, cukup mudah. Pertama, usahakan untuk selalu memakai sepatu yang nyaman dan pas dengan ukuran kaki. Tak perlu mengutamakan model dulu, karena secantik dan sebagus apapun model sepatu, jika ukurannya tidak pas hanya akan menyiksa kaki.

Saat menggunting kuku, jangan membentuknya jadi membulat. Kuku yang membulat di pinggiran jari akan membuat kuku juga akan tumbuh searah guntingan kuku Anda. Guntinglah dengan bentuk datar sehingga kuku juga akan tumbuh lurus.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA