Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Tip Hindari Paparan Virus Corona Ala dr Sonia dan Reisa

Selasa 28 Jan 2020 09:06 WIB

Red: Budi Raharjo

Tips Hindari Paparan Virus Corona Ala dr Sonia dan Reisa.

Tips Hindari Paparan Virus Corona Ala dr Sonia dan Reisa.

Jika anda biarkan tenggorokan kering dalam 10 menit virus bisa memasuki tenggorokan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat dunia tengah digemparkan virus mematikan bernama Corona. Virus tersebut pertama kali muncul di Wuhan, sebuah kota di Cina dan sudah menyebar ke penjuru dunia.

Segala bentuk antisipasi memang telah dilakukan, namun masyarakat tetap harus berhati-hati. Tidak boleh lengah, apalagi sampai menyepelekan. Ingat, virus itu telah membunuh puluhan orang di dunia.

Virus Corona ini menyerupai SARS yang juga sempat membuat seluruh jagad dunia gempar beberapa tahun lalu. Untuk mencegah virus tersebut masuk ke dalam lingkungan kita, kantor, rumah, sekolah, tempat umum, sudah barang tentu patut dijaga agar keluarga tercinta tidak terdampak.

Dr Sonia Wibisono dan dr Reisa Brotoasmoro tak luput memperhatikan persoalan ini. Duo dokter cantik ini memiliki kiat jitu tersendiri agar keluarga, kolega dan sahabat selalu aman dari wabah ini. Berikut tips yang diberikan keduanya.

Pertama, Sonia mengatakan, hindari berpergian ke negeri Cina ataupun beberapa negara yang telah didapati kasus virus corona dalam waktu dekat. Waktunya sedang tidak tepat. Kedua, jika terpaksa harus bepergian dengan pesawat, pastikan selalu menggunakan masker.

Ketiga, cuci tangan sesering mungkin dengan antikuman. Keempat, semprot ruangan, mobil, kantor, sekolahan, airport dan tempat yang dipakai banyak orang dengan spray antikuman seperti spray LAVme. Semprotkan juga di gagang pintu, gagang tangga, tombol-tombol lift, telepon, keyboard, alat gym, perabotan yang dipakai oleh umum, agar kuman hilang dan tidak menular.

Khusus untuk spray penyemprot ruangan anti kuman, Sonia menggunakan produk spray organik antikuman dan penghilang bau, LAVme. "LAVme terbukti dapat membunuh virus dan kuman yang ada di udara. Belum ada penanganan khusus untuk terapi virus ini, namun kita dapat mencegahnya dengan selalu membersihkan tangan kita dan ruangan yang kita tempati dengan spray antikuman," ujarnya di Jakarta.

Keempat, Sonia menyatakan, virus ini sangat serius, bisa memasuki tubuh melalui tenggorokan. Jangan sampai tenggorokan terasa kering.

Jika anda biarkan tenggorokan kering dalam 10 menit virus bisa memasuki tenggorokan dan menimbulkan manifestasi. Maka usahakan agar tenggorokan tetap moist dan tetap lembab. "Spray LAVme dapat membuat ruangan wangi, dan melawan virus yang menyebar di udara ruangan," kata ibu muda yang pernah menjadi duta Indonesia untuk urusan kesehatan di PBB ini.

Kelima, lanjut dia, jika memang keadaan mendesak, harus berpergian di airport, sebaiknya gunakan spray antikuman di meja, Juga di pegangan kursi, toilet dan usahakan jangan menyentuh handle bukaan pintu toilet secara langsung.

Keenam, hindari sering menyentuh hidung atau mata mulut sebelum cuci tangan. "Ketujuh, hindari gorengan terlalu banyak, dan minum banyak vitamin C. Coronavirus menyerupai SARS hanya saja sekarang dengan tipe OC43," ucapnya.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA