Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

6 Cara Aman Traveling Bersama Si Kecil

Sabtu 25 Jan 2020 20:02 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Pengunjung menikmati panorama matahari terbenam (sunset) di kawasan objek wisata pantai Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Jumat (24/1/2020).

Pengunjung menikmati panorama matahari terbenam (sunset) di kawasan objek wisata pantai Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Jumat (24/1/2020).

Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Cobalah untuk menentukan destinasi liburan yang ramah anak.

CEKNRICEK.COM -- Anda sering berlibur bersama keluarga? Membawa buah hati saat traveling sangat bermanfaat karena bisa merekatkan bonding antar anggota keluarga dan memberikan kenangan manis untuk si kecil.

Namun, kembali lagi, membawa balita butuh persiapan matang agar anak tidak rewel dan menikmati perjalanan. Menjaga mood anak sangat penting, karena akan berpengaruh juga kepada mood orang tuanya.

Agar liburan Anda menjadi perjalanan yang berkesan, silakan simak beberapa tips nyaman traveling bersama balita.

Jaga Kesehatan Anak
Sebaiknya Anda membawa anak ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum traveling. Hal ini untuk mengetahui  kondisi anak fit untuk berlibur. Pastikan juga anak tidak terlalu kelelahan dan mengonsumsi makanan bergizi sebelum pergi traveling.

Destinasi Ramah Anak
Cobalah untuk menentukan destinasi liburan yang ramah anak. Misalnya kota yang ada wahana bermain, kebun binatang, atau pertunjukan tokoh kartun.

Boleh juga membawa anak ke wisata alam seperti pantai, perkebunan, atau persawahan, sehingga bisa memberikan edukasi kepada anak bahwa hiburan tidak selalu harus ke wahana bermain. Alam pun bisa menjadi tempat bermain yang menyenangkan.

Kebutuhan dan Perlengkapan Anak
Anda perlu membuat daftar kebutuhan dan perlengkapan anak agar tidak ada satupun yang tertinggal. Selain membawa pakaian, pastikan membawa body care anak. Karena kulit anak balita yang masih sensitif belum tentu cocok memakai sabun yang ada di hotel.

Baca Juga: 4 Poin yang Harus Diperhatikan saat Membeli Mainan untuk Anak

Membawa Mainan Kesayangan Anak
Perjalanan yang cukup jauh biasanya akan membuat anak bosan dan rewel. Untuk itu, jangan lupa membawa mainan kesayangan anak. Bawa mainan yang berukuran kecil-kecil saja, seperti boneka mini atau mobil-mobilan. Bisa juga membawakannya buku cerita, yang bisa dibaca bersama saat di perjalanan.

Bawa Cemilan Kesukaan Anak
Selain bosan, anak juga bisa rewel karena kelaparan. Sedangkan dalam perjalanan jauh belum tentu ada penjual makanan yang biasa dikonsumsi anak. Maka jangan lupa untuk membawa biskuit atau potongan buah kesukaan si kecil.

Bernyanyi dan Bermain
Anak yang mulai bosan biasanya akan terus bertanya “kapan sampai?”. Sebelum anak menangis, ajak untuk bernyanyi lagu-lagu kesukaannya. Bisa juga mengajak anak melihat keluar jendela untuk melihat pemandangan dan bermain menyebutkan nama-nama benda tersebut.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA