Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Dubes Cina: Virus Corona di Wuhan Masih Bisa Kami Kontrol

Jumat 24 Jan 2020 14:44 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Dwi Murdaningsih

Seorang pekerja mengenakan pakaian Hazmat (Hazardous Material Suit) di sebuah pasar ikan yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1).

Seorang pekerja mengenakan pakaian Hazmat (Hazardous Material Suit) di sebuah pasar ikan yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1).

Foto: STR/ REUTERS
Wuhan saat ini diisolasi akibat virus Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian berbicara mengenai perkembangan Virus Corona dan situasi di Kota Wuhan dari Provinsi Hubei, Cina saat menemui Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (24/1). Xiao menyebut, wabah Corona di Wuhan masih dalam kontrol.

"Kita masih dapat mengontrol warga di sana, jadi warga dari Wuhan tidak meninggalkan Wuhan, orang-orang dari daerah lainnya tidak pergi ke Wuhan, jadi transportasi publik akan kami kontrol dalam batas waktu yang belum ditentukan," ujar Xiao.

Xiao juga mengatakan, Cina terus berkoordinasi dengan World Health Organization (WHO) untuk mengadakan rapat darurat. Namun, WHO belum menyatakan situasi ini sebagai situasi darurat global.

"Kami bekerja sama dengan WHO melalui data dan teknologi untuk menemukan solusi dan analisis dan kami bekerja sama dgn komunitas internasional, khususnya WHO, apa yang harus dilakukan," ujar dia.

Terkait warga Indonesia yang berada di Cina, Xiao menyatakan komunikasi tetap terjalin. Namun, di area terdampak di Wuhan, Xiao mengakui, warga Indonesia juga akan menjadi bagian dari kontrol. Ia meyakini pemerintah Cina dapat benar-benar mengontrol perkembangan virus ini.

"Kita yakin kita berdua (Indonesia-China) dapat bersama-sama kita dapat mengontrol situasi. Kita juga sudah jelaskan ke pemerintah Indonesia mengenai situasi terkini ini, apa yang kita lakukan, sehingga bersama-sama kita dapat melawan virus ini," ujar Xiao.

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan yang menemui Xiao juga ingin mendapat kepastian soal bagaimana pemerintah Cina mengontrol virus tersebut. Ia pun mengaku sejauh ini pemerintah Cina menjamin masih bisa mengontrol virus tersebut.

"Jadi ini kalau dikatakan daerah daerah lain itu aman hanya di Wuhan dilokalisir dan mereka sudah pengalaman menangani kasus kasus yg seperti ini jadi tidak ada kekhawatiran menyangkut masalah itu tetapi betul betul tetap dikontrol," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA