Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

5 Kebiasaan guna Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Jumat 24 Jan 2020 14:28 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih

Mudah merasa depresi, stres, atau cemas merupakan gejala gangguan mental yang umum. Foto:Cemas. Ilustrasi

Mudah merasa depresi, stres, atau cemas merupakan gejala gangguan mental yang umum. Foto:Cemas. Ilustrasi

Foto: pixabay
Mudah merasa depresi, stres, atau cemas merupakan gejala gangguan mental yang umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kesehatan mental sangat penting bagi kehidupan seseorang. Mental yang sehat bisa memengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, bertindak, menangani stres, dan menentukan pilihan.

Mudah merasa depresi, stres, atau cemas merupakan gejala gangguan mental yang paling umum. Nah untuk mengurangi risiko gangguan mental, ada beberapa rutinitas yang bisa dilakukan setiap hari guna membantu Anda menjadi lebih baik. Berikut 5 kebiasaan baik demi kesehatan mental, seperti dilansir Times Now News, Jumat (24/1).

Jalani gaya hidup sehat
Olahraga, tidak merokok, menjaga asupan nutrisi juga diet sehat, tidak hanya penting untuk kesehatan fisik, tetapi juga memiliki hubungan langsung dengan kesehatan mental. Olahraga akan mengaktifkan hormon endorfin dalam tubuh, yang membantu meningkatkan suasana hati.

Baca Juga

Kelebihan konsumsi gula, lemak, dan makanan tidak sehat lainnya telah dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi. Karenanya, diet yang sehat dapat membantu menjaga risiko gangguan mental.

Mindfulness
Mindfulness adalah suatu sikap kesadaran penuh akan diri saat ini, tidak mengawang ke masa lalu atau masa depan. Ada berbagai cara meningkatkan mindfulness, bisa dengan meditasi, menuliskan hal-hal positif yang dirasakan dan dialami, selalu bersyukur dan mengapresiasi diri sendiri.

Mindfulness merupakan sesuatu yang sangat penting bagi orang-orang yang berisiko tinggi atau menderita penyakit mental apa pun. Sebab mindfulness bisa membantu pikiran lebih fokus pada keadaan saat ini, tanpa perlu khawatir tentang hal-hal lain yang bisa mengacaukan pikiran.

Istirahat cukup
Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan mental. Banyak orang yang mulai menunjukkan gejala gangguan mental ketika mereka tidak mendapatkan tidur yang baik. Tidur itu memulihkan, baik bagi tubuh maupun pikiran.

Jika Anda mulai sulit tidur, mulailah lakukan hal-hal yang bisa membantu tidur lebih nyenyak. Misalnya mandi sebelum tidur, atur lampu kamar yang sesuai, pastikan tidak ada suara yang bisa mengganggu, dan simpan ponsel minimal satu jam sebelum tidur.

Berdamai dengan diri
Jika Anda sering merasa gelisah, cemas dan takut cobalah untuk meletakkan ponsel pintar Anda setidaknya untuk sementara waktu setiap hari. Putuskan sambungan koneksi dari lingkaran media sosial maupun dunia maya, dan cobalah terhubung dengan batin Anda sendiri.

Cobalah pahami apa yang dirasakan oleh diri Anda sendiri. Ingatlah bahwa langkah pertama untuk mencegah gangguan mental adalah berdamai dengan diri sendiri.

Terhidrasi
Hampir semua masalah kesehatan dapat diselesaikan dengan tetap terhidrasi, dan tampaknya itu juga berlaku untuk kesehatan mental. Dari masalah kulit dan rambut hingga gangguan kesehatan yang serius, hidrasi dapat membantu hampir semua hal.

Penelitian telah menunjukkan efek signifikan hidrasi pada kesehatan mental dan suasana hati. Karena itu, cobalah untuk tetap terhidrasi sepanjang hari, untuk menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap sehat.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA