Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Muncul Aroma Tak Sedap di Kabin Mobil? Hilangkan dengan 6 Bahan Dapur ini

Jumat 24 Jan 2020 19:59 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Jika Anda sering menghirup aroma bau tak sedap pada kabin mobil, jangan khawatir. Bau menyengat tersebut bisa cepat hilang dengan berbagai bahan dapur berikut!

Apakah pernah mencium bau tidak sedap dari kabin mobil? Aroma bau ini pasti akan mengganggu, bahkan perjalanan yang seharusnya menyenangkan menjadi tidak menyenangkan lagi. Bau yang tercium dari kabin mobil bisa berasal dari banyak sumber mulai dari makanan, minuman, cermati.com/artikel/cukai-rokok-naik-berapa-harga-rokok-di-warung-dan-minimarket" target="_blank" rel="noopener">sebatang atau sebungkus rokok, baju bekas pakai, sepatu, dan berbagai bentuk kotoran lainnya. 

Penggunaan pengharum mobil beraroma buah-buahan seperti jeruk, stroberi, anggur dan lainnya terkadang tidak cukup untuk menghilangkan berbagai macam bau yang muncul di kabin. Namun, Anda tak perlu bingung, pasalnya masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan aroma bau tersebut. 

Berdasarkan situs Daihatsu, ada cara sederhana, yaitu dengan menggunakan bahan alami, bahkan bahan-bahannya bisa ditemukan di dapur rumah sendiri. Berikut penjelasan penggunaannya dari masing-masing bahan dapur tersebut yang mampu menghilangkan bau tak sedap yang muncul dari kabin mobil seperti yang dirangkum oleh Cermati.com.

 

1. Bubuk Kayu Manis

bubuk kayu manis
Bubuk Kayu Manis

Bubuk kayu manis merupakan bahan dapur yang sering digunakan dalam pembuatan kue. Bahan dapur ini dapat menghilangkan berbagai jenis bau yang menyengat seperti bau rokok. Cara menggunakannya yaitu campurkan ¼ gelas bubuk kayu manis dengan ½ gelas cuka apel di dalam satu wadah.

Aduk-aduk hingga kedua bahan tersebut terlihat sudah tercampur rata. Tutup wadah tersebut dengan rapat, tapi jangan lupa beri lobang terlebih dahulu pada tutup wadah tersebut agar udara bisa masuk dan keluar. Pasang di mobil Anda, dijamin bau yang menyengat akan hilang dan berganti dengan bau kayu manis.

2. Bubuk Kopi

bubuk kopi
Bubuk kopi

Selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata kopi juga mampu mengusir berbagai jenis bau. Bahkan hal tersebut sudah bukan rahasia lagi. Banyak orang yang memanfaatkan bubuk kopi sebagai pengharum ruangan di rumahnya atau kedai kopinya. Ini tentunya juga bisa digunakan untuk mengusir baru yang ada pada kabin mobil.

Caranya cukup mudah, sebarkan bubuk kopi di area yang rawan bau seperti jok dan bawah karpet. Diamkan semalaman agar aroma kopi menyebar. Selanjutnya vakum untuk membersihkannya. Namun yang harus Anda perhatikan adalah jangan sampai bubuk kopi basah, ini akan menyulitkan Anda saat membersihkannya.

3. Bubuk Vanila

bubuk vanila
Bubuk vanila

Vanila lebih dikenal sebagai perasa makanan atau kue yang membuat rasa menjadi lebih sedap. Ternyata, tidak hanya sebagai penambah rasa saja, tapi vanila juga mampu menyerap berbagai jenis bau yang bersumber dari kabin mobil, sehingga ruangan kabin akan beraroma vanila.

Caranya, siapkan kain yang berbahan tipis, kemudian tuangkan bubuk vanila satu sendok makan, lalu ikat dengan tali. Siapkan beberapa bungkus pengharum vanila dan letakkan pengharum vanila tersebut di tempat-tempat yang mudah bau seperti bawah kursi bagian depan dan belakang, kabin mobil dan lainnya.

4. Daun Pandan

daun pandan
Daun pandan

Daun pandan merupakan bahan dapur yang sering dipakai untuk memberikan bau wangi pada makanan. Biasanya saat ingin memasak nasi, membuat bubur kacang hijau dan lainnya. Tidak hanya itu, daun pandan juga bisa menghilangkan bau pada kabin mobil dengan efektif. 

Karena daun pandan berbentuk memanjang, jadi Anda harus memotong daun pandan kecil-kecil terlebih dahulu. Setelah itu, sebarkan saja di bagian mobil yang berbau secara merata. Cara ini memang sedikit mengotori mobil, tapi cukup efektif dalam menghilangkan berbagai jenis bau.

Baca Juga: Cara Membersihkan Noda atau Kotoran Pada Jok Mobil

5. Baking Soda

baking soda
Baking soda

Bahan dapur selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kabin mobil adalah baking soda. Bahan yang sering digunakan saat membuat kue ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai toko kue. 

Cara menggunakannya yaitu dengan menaburkan baking soda pada mobil. Adapun cara lain, agar mobil tidak terlihat kotor, yaitu dengan menggunakan wadah yang sudah dilubangi. Diamkan beberapa hari agar lebih maksimal, jika perlu ganti selama dua hari sekali agar bau kabin tetap terjaga.

6. Cuka

cuka
Cuka

Cuka bukan hanya sebagai penyedap makanan berkuah agar terasa lebih segar saja, tapi cuka yang memiliki bau yang menyengat mampu menghilangkan bau yang muncul di ruangan bahkan mobil sekalipun.

Cara menggunakan cuka untuk menghilangkan bau yaitu dengan meletakkannya di dalam mobil selama semalaman. Keesokan harinya bau menyengat dari kabin mobil akan hilang. Jangan khawatir karena bau tersebut tidak akan digantikan dengan bau cuka yang menyengat.

Baca Juga: Tips Hindari Jamur pada Kaca Mobil

Jaga Kebersihan Mobil

Percuma saja bila bau sudah hilang dengan bahan-bahan dapur, tapi pemilik mobil tidak bisa menjaganya dengan baik. Tentunya bau yang bersumber dari kotoran akan terus bermunculan. Untuk itu, perhatikan kebersihan mobil. Pastikan lakukan vacum di dalam mobil seminggu dua - tiga kali. Jika ingin menyimpan baju, sepatu dan lainnya juga harus dalam keadaan bersih.

Baca Juga: Ini Kelebihan Beli Mobil Baru Daripada Mobil Bekas

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA