Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

4 Aktivitas untuk Obati Stres di Tempat Kerja

Jumat 24 Jan 2020 10:12 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi Stress Bekerja

Ilustrasi Stress Bekerja

Foto: Mgrol101
Berjalan adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stress.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pekerjaan adalah sumber stres paling umum. Stres telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi. Stres di tempat kerja atau institusi pendidikan bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental Anda. Kunci untuk menghindari efek buruk pada kesehatan adalah mengelola stres dengan lebih baik.

Lalu kegiatan apa saja yang bisa membantu mengurangi stres? Berikut adalah 4 aktivitas manajemen stres yang dapat dilakukan di tempat kerja seperti dilansir Times Now News, Jumat (24/1).

1. Gunakan mainan penghilang stres
Mainan penghilang stres seperti stress ball, fidget spinner, fidget cube, juga squishy diyakini bisa membantu menghilangkan stres ketika mereka sedang bekerja. Mainan penghilang stres itu bisa dimainkan disela-sela pekerjaan, atau ketika makan siang, mungkin tujuannya untuk menyegarkan pikiran kembali.

2. Mainkan gim virtual
Di era digital, ada banyak ragam gim virtual yang bisa dipilih sesuai selera. Jadi, jika Anda tidak memungkinkan membawa mainan penghilang stress, memainkan gim virtual mungkin solusinya. Memainkan gim virtual multi pemain dan membuat sebuah tim mungkin akan membantu meningkatkan komunikasi antara anggota tim, dan juga akan membantu menghilangkan stres.

3. Berjalan
Berjalan adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stress. Kala istirahat kerja, Anda bisa mencoba jalan-jalan ke luar kantor, entah itu untuk mencari makan atau sekadar melepas penat di ruangan dan beraktivitas fisik. Ini akan membantu memulihkan kepenatan pikiran dan memuatnya menjadi lebih baik.

4. Musik
Jika Anda tidak dapat keluar ruangan karena kerjaan yang menumpuk. Mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan yang bisa membantu mengurangi stres. Musik dapat membantu Anda merasa rileks bahkan bisa membantu meningkatkan produktivitas sehingga bekerja lebih baik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA