Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Studi: Anak Laki-Laki Lebih Mungkin Meninggal karena Cedera

Kamis 23 Jan 2020 06:59 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Christiyaningsih

Penelitian menyebut anak laki-laki dan pria lebih mungkin meninggal karena cedera. (ilustrasi)

Penelitian menyebut anak laki-laki dan pria lebih mungkin meninggal karena cedera. (ilustrasi)

Foto: News
Penelitian menyebut anak laki-laki dan pria lebih mungkin meninggal karena cedera

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Penelitian terbaru di Kanada mengungkap bahwa anak laki-laki dan pria lebih mungkin meninggal dunia dalam usia muda. Mereka memiliki peluang lebih besar untuk tewas karena cedera terutama sejak usia 14 tahun.

Hasil penelitian telah dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health. Studi mengamati 3,1 juta anak laki-laki dan perempuan yang lahir di Ontario, Kanada antara 1990-2016. Tim meneliti angka kematian serta penyebabnya.

Para peneliti menganalisis individu yang meninggal pada usia satu sampai 24 tahun. Tim membuat pengecualian terhadap mereka yang meninggal pada tahun pertama kehidupan karena umumnya disebabkan oleh kelainan bawaan atau hal lain.

Secara umum, anak laki-laki dan pria muda memiliki kecenderungan tiga kali lebih besar meninggal dunia dibandingkan perempuan muda pada usia rata-rata 24 tahun. Kematian karena cedera meningkat setelah usia 14 tahun.

Penyebab lain yang disengaja seperti bunuh diri menyumbang satu dari lima kematian pria antara usia 15-24 tahun. Di sisi lain, angka kematian pada perempuan muda di kelompok usia yang sama perbandingannya satu dibanding enam.

Hampir setengah dari kematian akibat cedera disebabkan keracunan tak sengaja dan overdosis. Kecelakaan transportasi adalah penyebab utama kematian untuk semua jenis kelamin dari usia 15 tahun ke atas, dikutip dari laman CTV News.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA