Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Kendan, Situs Kerajaan Sunda yang Bisa Jadi Wisata Edukasi

Kamis 23 Jan 2020 02:14 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Kendan sangat berpotensi dijadikan tempat wisata.

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Situs peninggalan kerajaan Kendan di Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung berpotensi menjadi tempat wisata edukasi.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Aten Sonadi mengatakan, sebagai peninggalan sebuah kerajaan, Kendan sangat berpotensi dijadikan tempat wisata.

"Kendan bisa menjadi wisata edukasi. Bagaimana dulu di tempat tersebut menjadi pusat kebudayaan masyarakat Bandung," tutur Aten, Rabu (22/1/2020).

Hanya saja, masyarakat masih belum mengenal kerajaan Sunda yang berpusat di Bandung tersebut.

AYO BACA : Kabupaten Bandung Punya 113 Situs Cagar Budaya

Fakta sejarah tentang keberadaan kerajaan Kendan terus dilakukan oleh peneliti.

Aten melanjutkan, pihaknya terus berupaya untuk memperkenalkan Kendan kepada masyarakat luas agar kedepan bisa menjadi salah satu lokasi wisata edukasi.

"Kami buat festival kendan supaya masyarakat bisa mengenal kalau di lokasi tersebut pernah dijadikan pusat kerajaan," katanya.

Selain itu, Pemkab Bandung juga membuat sebuah gapura yang bisa menjadi penanda kepada masyarakat terkait keberadaan situs bekas kerajaan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA