Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Penuaan Kulit Pria Bisa Muncul Lebih Cepat, Apa Pemicunya?

Rabu 22 Jan 2020 18:51 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

Pria juga membutuhkan perawatan wajah agar kulit tetap terjaga. Ada beberapa pemicu yang membuat kulit pria mengalami penuaan lebih cepat.

Pria juga membutuhkan perawatan wajah agar kulit tetap terjaga. Ada beberapa pemicu yang membuat kulit pria mengalami penuaan lebih cepat.

Foto: EPA
Ada beberapa pemicu yang membuat kulit pria mengalami penuaan lebih cepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Penuaan kulit wajah tidak hanya terjadi pada wanita saja. Masalah tersebut juga terjadi pada pria.

Dr Haekal Anshari MBiomed (AAM) mengungkapkan, kulit pria cenderung kering dan kasar. Meski begitu, mereka akan mengalami gejala penuaan yang hampir sama, seperti yang terjadi pada kulit wajah perempuan.

Kulit pria, menurut Haekal, akan mengalami penurunan jumlah produksi kolagen, sehingga muncul keriput halus dan flek noda hitam di wajah. Ia mengatakan, sebetulnya penuaan kulit pada pria bisa lebih cepat muncul.

Baca Juga

Haekal menjelaskan, ada berbagai pemicu yang menyebabkan penuaan dini kulit pria. Pertama, pria kurang begitu memerhatikan kulitnya. Berbeda dengan wanita yang sering memakai rangkaian perawatan kulit. Ke dua, pria cenderung lebih banyak menghadapi stres dibandingkan wanita.

“Di samping itu, pria mungkin karena bekerja lebih aktif, sehingga dia kadang-kadang lebih banyak terpapar radikal bebas, apalagi kalau dia kerjanya di luar ruang,” ujar Haekal usai acara peluncuraan rangkaian produk anti penuaan Y.O.U, Golden Age di The Hermitage Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Haekal menuturkan, perawatan sederhana dapat membantu meminimalkan penuaan di kulit wajah pria. Yang paling wajib, baik bagi pria maupun wanita, adalah menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30.

Mengapa perlu tabir surya? Haekal mengungkapkan, tinggal di iklim tropis yang mataharinya bersinar sepanjang tahun, orang Indonesia butuh tabir surya.

Selain itu, menjaga kebersihan wajah juga dapat mencegah penuaan dini kulit pria. Paling tidak, gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit dua kali sehari.

Untuk pria dengan kulit berminyak, solusinya juga tersedia. Haekal merekomendasikan penggunaan sabun wajah yang oil free.

Langkah berikutnya untuk menangkis penuaan dini ialah melembapkan kulit. Penggunaan pelembab diperlukan demi menghindari kulit wajah kering, terlebih bagi pria yang bekerja outdoor atau indoor dengan paparan pendingin ruangan.

"Ini akan membuat kulit kering kan, makanya dia harus menggunakan pelembab,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA