Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Aneka Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering

Selasa 21 Jan 2020 05:39 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah

Aneka Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering

Aneka Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering

Foto: skincareto.com
Untuk mengatasi kulit kering bisa menggunakan masker dari bahan alami.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit yang kering menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada banyak orang, terutama saat musim dingin. Terdapat berbagai produk perawatan yang ditawarkan di pasaran untuk mengatasinya, namun tidak semua memberi hasil yang diinginkan.

Dilansir Boldsky, untuk mengatasi masalah kulit kering, ada cara alami yang bisa dicoba oleh setiap orang di rumah. Hanya perlu memadukan sejumlah bahan untuk menjadi masker wajah dan mengaplikasikannya, kelembaban kulit dapat terjaga.

Berikut beberapa resep masker yang bisa dibuat dengan mudah:

Madu dan susu

Madu dan susu merupakan salah satu bahan terbaik untuk mengembalikan kelembaban di kulit. Susu mengandung asam laktat yang mengelupas kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang membuat kulit Anda kusam dan kering.

Gunakan dua sendok makan madu dan lima sendok makan susu. Campurkan seluruh bahan dalam mangkuk, aduk, kemudian oleskan pada wajah dengan pijatan ringan selama lima menit. Diamkan masker selama 20 menit dan bilas wajah hingga bersih.

Baca Juga

photo
Madu

Alpukat, kuning telur, dan madu

Alpukat, kuning telur, dan madu kaya akan mineral yang memperkaya kulit seperti zat besi, kalium, dan magnesium. Selain itu, di dalam kuning telur juga terkandung banyak protein yang memperbaiki kerusakan kulit dan menyehatkannya.

Campur dua sendok makan alpukat, dua sendok makan madu, dan satu sendok makan kuning telur dalam mangkuk. Aduk rata semua bahan hingga terasa seperti krim pasta gigi, kemudian oleskan di wajah dan leher. Diamkan masker selama 30 hingga 35 menit, bilas hingga bersih.

Oatmeal dan yogurt

Masker dari oatmeal dan yogurt dapat mengeksfoliasi kulit untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan kotoran sehingga menyengarkan lapisan atas kulit untuk mengurangi kekeringan. Yogurt mengandung asam laktat yang meningkatkan tekstur dan hidrasi kulit.

Campurkan dua sendok makan oatmeal, satu sendok makan yogurt, dan satu sendok makan madu di dalam mangkuk. Setelah diaduk rata, oleskan di wajah dan leher, biarkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah mengering, bilas hingga bersih.

photo
Oatmeal

Timun

Timun memiliki kandungan air yang sangat besar dan dikenal dengan khasiatnya yang menenangkan kulit, meningkatkan tekstur kulit, serta melembabkan. Gunakan satu timur dan potong kecil-kecil dan haluskan. Oleskan di wajah dan leher, diamkan selama 15 hingga 20 menit, bilas hingga bersih.

Stroberi, lemon, dan madu

Stroberi adalah sumber vitamin C yang baik dan dapat meningkatkan hidrasi kulit. Selain itu, buah ini juga meningkatkan elastisitas kulit dan dapat mengurangi hiperpigmentasi. Sementara, lemon dapat membersihkan kulit dengan tetap menjaga kelembabannya.

Langkah untuk membuat masker dari bahan-bahan ini, dimulai dari mmasukkan segenggam stroberi, peras air lemon dan ambil dua sendok makan, dan satu sendok makan madu ke dalam mangkuk. Setelah seluruh bahan dicampur dan diaduk, oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama sekitar 30 menit. Bilas dengan bersih dan sebaiknya gunakan air hangat.

photo
Buah stroberi

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA