Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

Tips Hilangkan Mata Bengkak Pasca Begadang Semalaman

Selasa 21 Jan 2020 00:44 WIB

Rep: Nadia Nabillah (cek n ricek)/ Red: Nadia Nabillah (cek n ricek)

Ilustrasi: Miftah/Ceknricek.com

Ilustrasi: Miftah/Ceknricek.com

Es batu bisa memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah di sekitar mata.

CEKNRICEK.COM -- Ada momen-momen bahagia yang terkadang membuat Anda lupa akan kebutuhan tidur yang cukup. Akibatnya, kantung mata Anda bengkak dan menghitam.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips menghilangkan mata bengkak agar tetap tampil maksimal pasca begadang semalaman.

Kompres Es Batu
Es batu bisa memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah di sekitar mata. Efek inilah yang kemudian berpengaruh pada menghilangnya kantung di bawah mata.

Untuk mengatasi mata bengkak dengan es batu, Anda hanya perlu mengompres mata dengan handuk yang telah diberi es batu. Atau, jika Anda ingin yang lebih mudah, letakkan sendok stainless di lemari pendingin. Setelah dingin, Anda dapat menggunakan bagian cembungnya untuk mengompres mata bengkak Anda.

Masker Timun
Secara ilmiah, timun terbukti mampu mengurangi pembengkakan, menenangkan kulit, serta merangsang aktivitas antioksidan di kulit karena timun mengandung vitamin C yang tinggi serta kaya akan asam folat yang baik untuk kulit.

Vitamin C bisa membantu merangsang pertumbuhan sel baru di kulit. Sementara asam folat merangsang antioksidan yang membantu kulit melawan racun lingkungan penyebab mata bengkak dan lelah.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Menyenangkan Rayakan Malam Tahun Baru di Rumah

Irisan Kentang
Selain timun, kentang juga bisa diandalkan untuk mengatasi mata sembab atau bengkak karena kurang tidur. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengiris kentang hingga tipis, lalu irisan kentang tersebut bisa Anda jadikan masker mata yang akan mengempiskan mata bengkak Anda setelah merayakan Tahun Baru.

Pati dalam kentang yang dikombinasikan dengan rasa dinginnya mampu mengurangi pembengkakan pembuluh darah di bawah mata yang menyebabkan lingkaran hitam. Kentang mengandung pemutih alami yang juga bisa membantu memutihkan kulit jika digunakan dan dikonsumsi secara berkala. Vitamin C dan enzim kentang akan bekerja efektif memelihara peremajaan kulit.

Kantong Teh Celup Bekas
Kandungan kafein dalam teh dapat membantu mengatasi mata bengkak karena kurang tidur. Kandungan flavonoid, yaitu salah satu antioksidan dan tanin yang juga ada dalam teh hitam dan teh hijau memiliki efek positif untuk mata bengkak. Kandungan tersebut juga membantu menjaga kulit di sekitar mata tetap kencang.

Caranya juga cukup mudah, bekas kantung teh bisa Anda gunakan untuk mengompres mata yang bengkak. Bukan hanya dapat mengatasi mata bengkak, tips ini juga dapat membuat kulit sekitar mata menjadi cerah. Namun, jangan pakai sembarang jenis teh celup. Sebaiknya gunakan kantong bekas teh hitam, teh putih, teh hijau atau teh herbal.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: ThomasRizal

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA