Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Koleksi 'Chinese Philosophy' Ala Desainer Yosep Sinudarsono

Rabu 22 Jan 2020 01:22 WIB

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)

Sumber: Antara

Sumber: Antara

Desainer Yosep Sinudarsono mempersembahkan koleksi baru bertajuk Chinese Philosophy.

CEKNRICEK.COM -- Menyambut Tahun Baru Masehi 2020 dan Imlek 2571, Desainer Yosep Sinudarsono mempersembahkan koleksi baru bertajuk Chinese Philosophy. Imlek 2571 akan jatuh pada Sabtu (25/1).

"Ada beberapa lambang misalnya burung phoenix, dragon, bunga lili dan ikan koi itu melambangkan keberuntungan, keabadian, kebersihan," kata Yosep dalam pernyataannya di Jakarta, belum lama ini.

Lewat sentuhan-sentuhan filosofis dalam koleksinya, Yosep berharap tahun ini membawa keberuntungan dan berkat dapat selalu melingkupi kehidupan. Rangkaian koleksi Chinese Philosophy terdiri dari 30 busana dengan ragam detail, bahan dan warna punya makna tersendiri dalam budaya Tiongkok.

Koleksi tersebut dominan warna merah, kuning, emas dan perak, warna yang dipercaya dapat membawa kebahagiaan dan keberuntungan. Seluruh detail dirangkai indah dengan bordir buatan tangan dan hand beading dengan taburan hiasan kristal Swarovski.

Yosep mengombinasikan kain tradisional dan modern. Ia memilih satin, lace sampai kain lurik asal Yogyakarta. Kombinasi kain lurik mempertegas bagian cutting, membuat garis tubuh penggunanya menjadi lebih elegan namun tetap modis.

Baca Juga: Agenda Hari ini, Dari Festival Imlek Hingga Pameran Seni Rupa

Yosep ingin merepresentasikan pada masyarakat bahwa kain daerah asli Indonesia sangat fleksibel dan bisa digunakan juga untuk busana bertema Chinese.

Menurut dia, busana-busana rancangannya dapat digunakan dalam berbagai kesempatan. Tak hanya bagi mereka yang merayakan Tahun Baru Imlek, tetapi acara lainnya.

"Baju kita ada yang simpel dan full detail bisa dipakai kondangan, acara keluarga. Kalau yang full detail bisa buat yang mau married atau sangjit (salah satu prosesi pernikahan dalam budaya Tionghoa)," katanya.

Tak hanya di Jakarta, Yosep Sinudarsono juga akan membawa koleksi busana teranyarnya dalam sebuah pagelaran di Bali, Minggu (19/1), dengan membawa 40 look. Ada penambahan 10 look dari koleksi yang diperagakan di Jakarta.

BACA JUGA: Cek SENI & BUDAYA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA