Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Sejumlah Kebiasaan yang Bisa Picu Noda Pada Gigi

Selasa 21 Jan 2020 04:17 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Ada sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari bisa memicu munculnya noda di gigi (Foto: Ilustrasi Gigi Sehat)

Ada sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari bisa memicu munculnya noda di gigi (Foto: Ilustrasi Gigi Sehat)

Foto: Pxfuel
Pemicu itu rupanya bukan hal umum seperti merokok atau minum kopi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari bisa memicu munculnya noda di gigi. Pemicu itu rupanya bukan hal umum seperti merokok, minum kopi, atau menyesap anggur merah, melainkan kebiasaan tak terduga berikut, dikutip dari laman Shape, Selasa (21/1).

Baca Juga

Minum limun
Terlalu sering minum limun rupanya tidak dianjurkan karena kombinasi asam dan gula di dalamnya. Asam mengikis lapisan enamel gigi hingga ke dentin yang kekuningan, sementara gula menambah nodanya berlipat ganda saat menempel di gigi.

Berenang di kolam berklorin
Saat berenang, sejumah besar air kolam renang berklorin kemungkinan masuk ke dalam mulut. Bahan kimianya akan meninggalkan noda kekuningan pada gigi, apalagi jika frekuensi berenang cukup sering, yakni lebih dari enam jam sepekan.

Konsumsi teh hijau
Meski kandungan taninnya lebih rendah dari kopi dan teh biasa, teh hijau tetap menyebabkan noda di gigi jika dikonsumsi terlalu banyak. Untuk menghindarinya, beri jeda minimal 30 menit saat akan menyikat gigi setelah meminum teh hijau.

Memakai obat kumur
Melakukan gargling secara rutin dengan obat kumur termasuk pemicu noda gigi. Pasalnya, kebanyakan obat kumur mengandung komponen bernama chlorhexidine gluconate yang menyebabkan noda kecokelatan pada gigi.

Minum jus atau smoothies hijau
Jus atau smoothies hijau memang menyegarkan untuk tubuh, namun efeknya terhadap gigi tergantung pada isi minumannya. Jus berbahan sayur dengan warna kuat seperti kangkung sebaiknya diminum memakai sedotan untuk meminimalkan kontak dengan gigi.

photo
Buah berries

Menuang kecap berlebihan
Kecap manis maupun kecap asin merupakan bumbu utama di sebagian besar masakan Asia, termasuk Indonesia. Bumbu ini termasuk penyebab noda tersembunyi, karena warna yang pekat serta kandungan natrium yang tinggi.

Gemar menyantap buah berry
Tidak ada salahnya suka melahap buah yang dijuluki makanan super ini karena sifat antioksidan dan antikankernya. Namun, jangan berlebihan menyantapnya karena buah berry kaya pigmen warna yang mudah menempel pada enamel gigi.

Ngemil makanan bertepung
Kabar buruk bagi penggemar camilan bertepung seperti keripik kentang dan kacang panggang. Sisa makanan yang tersangkut di gigi bisa menyebabkan plak. Bakteri dalam plak memecah makanan bertepung menjadi asam, sehingga mengikis dan menodai gigi.

Menenggak anggur putih
Bukan hanya anggur merah yang menyebabkan noda pada gigi. Anggur putih memberikan efek yang sama, akibat sifat asamnya yang mengikis enamel dan membuat pigmen lebih mudah menempel di atas permukaan gigi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA