Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Rahasia Sukses Agar Karir Melesat, Ini 10 Keahlian Dasar yang Wajib Dimiliki di 2020

Selasa 21 Jan 2020 08:18 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Persaingan ketat dalam meniti karir jangan membuat kamu mudah menyerah begitu saja. Miliki sepuluh keahlian dasar berikut ini agar karir kamu mudah melesat.

Setiap pekerja pastinya ingin memiliki karir yang bagus dan terus memperlihatkan peningkatan. Misalnya, yang awalnya hanya sebagai staf kemudian diangkat menjadi supervisor atau juga mendapat apresiasi dari bos karena projek selalu berhasil tepat waktu dan sebagainya. Ini tentunya menjadi sebuah hasil yang paling ditunggu-tunggu dari kerja keras yang dilakukan selama ini.

Mengingat, tren karir sekarang ini bukan hanya persaingan antar pekerja saja tapi juga bersaing dengan hadirnya teknologi canggih seperti robot yang bisa menyelesaikan pekerjaan, membuat para pekerja beranggapan ini menjadi sebuah tantangan baru yang harus diterjang.

Agar karir tetap bisa melesat di tengah-tengah persaingan karir yang ketat dari berbagai bidang, The World Economic Forum (https://www.weforum.org/) menyatakan ada beberapa keahlian dasar yang harus dimiliki para pekerja di tahun 2020.

 

1. Bisa Pecahkan Masalah Kompleks  

cermati.com/q_70/w7ezyukoeuwfiegrmhjf" alt="masalah" width="607" height="364" />
Bisa pecahkan masalah yang kompleks

Permasalahan pasti akan datang bergantian. Masalah satu selesai, datang lagi masalah baru dan begitu seterunya. Dengan datangnya permasalahan ini tentunya menjadi media pembelajaran setiap orang agar menjadi lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan.

Begitupun di dunia kerja. Permasalahan yang datang di sebuah pekerjaan, tak hanya dimiliki seorang atasan saja, tapi semua karyawan juga punya permasalahan pekerjaan yang berbeda. Untuk itu, sebagai pekerja harus memiliki keahlian memecahkan masalah pekerjaan dengan menemukan berbagai solusi yang cepat dan tepat.

2. Berpikir Kritis

Menjadi karyawan yang cerdas salah satunya dengan memiliki cara berpikir yang kritis. Tak hanya dalam menyelesaikan pekerjaan saja, berpikir kritis juga diperlukan saat sedang mengembangkan gagasan projek yang cemerlang serta menyusun strategi jitu agar ide tersebut berhasil dicapai.

Untuk memiliki cara berpikir yang kritis ini tak seperti gigit cabai langsung pedas, melainkan butuh proses. Yang terpenting, ada kemauan untuk terus belajar dari hal-hal yang memiliki tingkat kerumitannya rendah hingga berlanjut ke hal yang sangat rumit.

3. Kreatif

kreatif
Kreatif

Setiap pemilik perusahaan atau bisnis pastinya ingin memiliki karyawan yang kreatif. Sebab karyawan yang memiliki kreativitas tinggi bisa memunculkan ide-ide yang unik agar perusahaan dan bisnisnya banyak dilirik orang.

Misalnya saja dengan bisnis furniture. Jika desain yang dijual modelnya itu-itu saja pasti orang enggan untuk membelinya, sebab konsumen juga menginginkan model furniture yang menarik. Dengan pengrajin furniture yang kreatif bisa menciptakan furniture yang model-model atau ukiran yang unik, sehingga menarik minat pembeli lebih banyak.

4. Manajemen Kelompok atau Tim

Dalam satu kelompok atau tim kerja pastinya diisi dengan berbagai macam karakter atau watak orang yang beragam. Hal ini membuat setiap pekerja harus mampu untuk menghadapi dan beradaptasi dengan rekan kerja di sekitar. Mulai dari membuat lingkungan kerja yang nyaman tapi tetap kondusif, merangkul rekan kerja yang tak menerima pendapat dari rekan kerja dan lainnya.

Baca Juga: 10 Langkah Perencanaan Karir Agar Masa Depan Sukses

5. Bisa Bekerja Sama

kerja sama
Bisa bekerja sama

Meraih kesuksesan memang harus saling berkompetisi, tapi bukan berarti mengabaikan kerja sama begitu saja. Bagaimana pun juga, sebagai manusia tidak bisa hidup sendirian dan perlu bantuan dari orang lain.

Tanpa kerja sama pun pekerjaan tidak bisa selesai dengan baik. Contoh kecilnya saja, untuk menciptakan artikel yang bagus, selain penulis yang membuat artikel, ada juga editor yang akan memberikan masukan mengenai informasi apa saja yang harus ditambahkan, tulisan mana saja yang harus dibenarkan. 

6. Punya Kecerdasan Emosional  

Kecerdasan emosional berhubungan erat dengan kemampuan setiap pekerja dalam mengatur emosinya dengan baik. Dengan pekerjaan yang menumpuk dan deadline, biasanya membuat pekerja mudah stres. Akibatnya mudah marah-marah jika ada rekan kerja yang mengusiknya. Selain itu, ada juga pekerja yang marah karena menerima kritikan dari rekan kerja lain.

Kemarahan tersebut tidak akan terjadi jika pekerja mampu mengendalikan emosi. Bahkan, bisa saja kritikan tersebut dijadikan masukan untuk belajar lebih baik lagi.

7. Bisa Nilai dan Ambil Keputusan

nilai dan keputusan
Bisa nilai dan ambil keputusa

Di dunia kerja, tak lepas dari banyaknya pilihan yang terkadang membuat bingung dan pusing sendiri. Contohnya saja, dalam memilih perusahaan terbaik untuk diajak kerja sama, menetukan strategi yang tepat biar tujuan projek bisa tercapai dan sebagainya.

Tapi, pekerja sekarang ini dituntut perusahaan harus memiliki kemampuan menilai dengan jujur mana yang baik dan mana yang buruk. Selain itu juga, mereka harus bisa mengambil keputusan yang terbaik dari berbagai pilihan.

Memberikan penilaian dan mengambil keputusan tepat merupakan hal yang cukup susah. Namun, jika terus berpikir dengan kritis, maka seseorang bisa menemukan jawabannya dengan baik dan tepat.

8. Berorientasi pada Pelayanan

Siapa saja yang bisa memberikan pelayanan terbaik, maka dialah yang akan cepat dikenal dan bisa menjadi pemenang. Ini bukan hanya berlaku dalam konsep setiap bisnis saja, tapi juga para pekerja yang ingin karirnya melesat alias naik jabatan.

Misalnya, pekerja yang memiliki kepedulian tinggi terhadap rekan kerjanya. Selain itu, tahu bagaimana cara memperlakukan konsumennya dengan baik. Hal tersebut tentunya akan menjadi nilai tambah bagi dirinya asalkan tetap berdasarkan dari ketulusan hati.

Baca Juga: Tingkatkan Karir dengan Cara Sederhana Ini

9. Mampu Negosiasi dengan Baik

nego
Mampu negosiasi dengan baik

Hingga sekarang ini masih banyak orang yang mengalami kegagalan dalam membuat kesepakatan kerjasama dengan rekan bisnis atau klien perusahaan. Mungkin saja, kurang adanya informasi yang disampaikan mengenai aturan kerja sama, atau kurang pandai dalam menyampaikan informasi perusahaan.

Jika ini tidak diperbaiki maka bisa saja dikeluarkan alias dipecat perusahaan dalam waktu cepat. Sebab perusahaan atau pebisnis membutuhkan karyawan yang memiliki keahlian negosiasi dengan baik. Tujuannya agar bisa mendapatkan klien dengan cepat dan kerja sama terjalin dengan baik.

10. Fleksibilitas Kognitif

Dengan banyaknya projek yang harus diselesaikan secara bersamaan, terkadang membuat seseorang stres sebab setiap projek pastinya memiliki konsep atau strategi yang berbeda. Jika salah langkah pastinya akan merusak projek tersebut.

Agar hal ini tidak terjadi, sebagai karyawan harus mampu memiliki fleksibilitas kognitif yang didukung dengan berpikir baik dan tetap fokus menyelesaikan projek atau pekerjaan.

Semangat Belajar Asah Keahlian

Namanya juga hidup, tak lepas dari pembelajaran. Begitu juga bagi kamu yang ingin sukses dalam meniti karir meski dihadapi dengan ketatnya persaingan, tentu harus terus belajar mengasah kemampuan dan keahlian yang dimiliki atau mendapatkan ilmu-ilmu yang baru.

Tujuannya apa lagi kalau bukan untuk maju beberapa langkah ke depan dari rekan kerja lainnya. Pembelajaran ini bisa kamu dapatkan sendiri dari lingkungan kantor atau rekan kerja. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti seminar atau pelatihan di luar kantor.

Baca Juga: Co–Living Cara Baru untuk Meningkatkan dari Karir Hingga Bisnis

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA