Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Ayo, Regangkan Otot dengan 'Stretching'

Selasa 21 Jan 2020 00:21 WIB

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)

Sumber: Istimewa

Sumber: Istimewa

Kebiasaan sederhana seperti peregangan atau stretching memiliki banyak manfaat.

CEKNRICEK.COM -- Profesional muda maupun dewasa di era ini banyak menghabiskan waktu dengan duduk di kursi kerja sepanjang hari tanpa meregangkan tubuh secara teratur. Hal ini dapat menyebabkan otot paha bagian belakang mengencang, membuat lutut lebih sulit untuk diluruskan sehingga mengakibatkan kesulitan berjalan.

Kondisi itu juga membuat otot lebih sulit beradaptasi ketika melakukan aktivitas berat. Tubuh menjadi rentan terhadap ketegangan.

Kebiasaan sederhana seperti peregangan atau stretching rupanya memiliki banyak manfaat. Tak hanya membangun kekuatan otot, peregangan juga menjaga fleksibilitas tubuh.

Dilansir Indian Express, hanya dengan meregangkan tubuh, seseorang dapat menjaga otot-ototnya fleksibel, kuat dan sehat. Kita membutuhkan kelenturan untuk mempertahankan rentang gerak pada persendian.

Baca Juga: Olahraga Pilates Cegah Banyak Penyakit

Selain itu, ketika otot dibutuhkan untuk beberapa aktivitas berat, otot akan menjadi lebih siap dan memperkecil risiko cedera, nyeri sendi dan ketegangan.

Berapa kali harus stretching?
Melakukan stretching dalam rutinitas harian, selain mudah, juga bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Idealnya, biasakan untuk melakukan stretching setidaknya tiga hingga empat kali seminggu.

Stretching teratur, bahkan berbulan-bulan secara teratur dapat membantu otot-otot yang mengencang terbuka, secara bertahap membantu Anda mencapai fleksibilitas optimal.

Penting juga untuk diingat bahwa seseorang harus melakukan peregangan selama 30 detik. Ketegangan saat melakukan peregangan itu baik tetapi Anda seharusnya tidak merasakan sakit.

Sebelum melakukan stretching, pilih pemanasan dengan jalan kaki ringan, jogging, atau bersepeda dengan intensitas rendah selama lima hingga 10 menit. (Antara)

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA