Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Jean Paul Gaultier Umumkan Pensiun

Sabtu 18 Jan 2020 15:08 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani

Perancang busana asal Prancis Jean Paul Gaultier

Perancang busana asal Prancis Jean Paul Gaultier

Foto: EPA
Jean Paul Gaultier pensiun setelah 50 tahun berkarier

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jean Paul Gaultier mengumumkan pensiun pada bulan ini. Peragaan busana yang akan berlangsung pada 22 Januari, menjadi yang terakhir dalam dunia fesyen.

Dilansir di Independent.co.uk pada Jumat (17/1), desainer asal Prancis itu membagikan keputusannya pada Jumat di akun Twitter. “Acara ini merayakan 50 tahun karir saya, juga akan menjadi yang terakhir. Tapi yakinlah, Haute Couture akan melanjutkan dengan konsep baru,” tulis Gaultier.

Pengumuman itu disertai dengan sebuah video, di mana pria berusia 67 tahun itu mengatakan peragaan busana terakhirnya selama Paris Fashion Week akan menjadi pesta bersama teman-temannya. “Kita akan bersenang-senang sampai saat itu,” ujar dia.

Gaultier yang bekerja sebagai direktur kreatif Hermès selama tujuh tahun, sebelum mengalihkan fokusnya hanya ke label fesyennya yang eponymous pada 2010, mengakhiri klip itu dengan janji bahwa Gaultier Paris akan tetap berlanjut. “Haute Couture berlanjut!” kata dia.

Perusahaan mode itu akan melanjutkan perjuangan Gaultier dengan konsep baru yang masih dirahasiakan. Kemudian sang desainer mengakhiri video dengan meniup ciuman, "Bisous!”

Gaultier yang lahir di pinggiran Paris Arcueil pada 1952, menunjukkan koleksi pertamanya pada 1976, sebelum kemudian mendirikan rumah desainnya sendiri pada 1982. Selama karirnya yang panjang, desainer haute couture menjadi terkenal karena mendorong batas ke fashion pria dan wanita, serta karyanya untuk pakaian selebriti Lady Gaga, Miley Cyrus, dan Nicole Kidman.

Beberapa momen yang paling berkesan, termasuk desainnya pada ikon 1990 cone bra milik Madonna yang dikenakan selama tur Ambition Blonde bintang pop itu, serta waktu dia sebagai presenter di acara TV Eurotrash.

Baru-baru ini, sang desainer berkolaborasi dengan Supreme untuk membuat koleksi potongan-potongan yang menampilkan cetakan yang berani dan terinspirasi punk.   Pengumuman pensiun Gaultier datang setelah ia menghentikan koleksi pakaian siap pakai dan pakaian pria pada 2014 untuk fokus pada haute couture.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA