Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

14 Kota Paling Aman dan Nyaman untuk Solo Traveling

Jumat 17 Jan 2020 22:26 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah

Ada beberapa kota yang cocok untuk solo traveler (Ilustrasi Solo Traveling)

Ada beberapa kota yang cocok untuk solo traveler (Ilustrasi Solo Traveling)

Foto: Pxfuel
Kota-kota ini dianggap paling aman dan nyaman untuk solo traveling.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melakukan sebuah perjalanan (traveling) secara sendirian, mungkin bagi sebagian orang sangatlah tidak nyaman. Sebab, traveling memang lebih asik dilakukan bersama-sama teman atau keluarga.

Baca Juga

Namun, jika penasaran ingin merasakan bagaimana berada di suatu daerah yang baru dikunjungi pertama kali, dan seorang diri, maka ada beberapa kota yang cocok untuk solo traveler. Bagi yang baru ingin mencoba, mungkin bisa dimulai dari kota dengan budayanya yang nyaman, mudah melakukan komunikasi, dan memiliki moda transportasi yang sudah familiar dengan kita.

Berikut ini adalah 14 kota yang bisa dipertimbangkan bagi yang ingin melakukan solo traveling, seperti dilansir melalui laman bustle, Jumat (17/1).


Lisbon, Portugal
Lisbon, Portugal, aman bagi mereka yang baru pertama kali melakukan solo traveling. Lisbon tidak hanya aman, tetapi juga menawarkan banyak kegiatan yang sempurna untuk solo traveler.

Kita bisa melalui jalan-jalan berkelok yang curam dan sempit di Bairro Alto, atau melakukan tur ke Kastil Sao Jorge, menonton pertunjukan fado, naik trem kuning yang ikonik, dan masih banyak lagi lainnya.

Meskipun aksi pencopetan menjadi masalah di bagian kota lain Portugal, Lisbon merupakan ibu kota negara teraman ketiga di dunia. Selain itu, harga makanan dan minuman di sana juga cukup terjangkau.

Sydney, Australia
Sydney, Australia, juga direkomendasikan untuk pengalaman pertama bagi seorang solo traveler. Suasana lingkungan sosial di sana juga cukup baik, sehingga seorang solo traveler tidak akan merasa kesepian.


Taipei, Taiwan
Jika seseorang belum pernah melakukan solo traveling sebelumnya, mereka harus memilih tempat bepergian ke tempat yang sangat aman. Taipei adalah salah satu kota yang terorganisir, bersih, aman untuk perempuan dan solo traveler, serta banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sana.

Kota ini adalah surga pecinta kuliner. Ada sekitar lima hingga 10 'pasar malam', masing-masing menampilkan makanan segar dan camilan terbaik di kota itu, dan ada juga dari berbagai daerah di Taiwan atau Asia.

photo
Suasana Krakow Town Square, Polandia.

Krakow, Polandia
Krakow, Polandia, termasuk murah bagi orang Amerika yang ingin berkunjung ke sana, sehingga dapat dengan mudah mengunjungi Krakow dengan anggaran terbatas dan tetap bisa memiliki makanan lezat. Transportasi di sana juga terjangkau, sehingga kita dapat naik kereta dan dengan cepat menuju ke kota-kota lain di Polandia dalam perjalanan seharian.

Cape Town, Afrika Selatan
Cape Town memiliki reputasi sebagai kota tidak aman, sementara kota tersebut adalah tempat yang luar biasa untuk solo traveler. Selama puncak musim turis yang berlangsung selama berbulan-bulan mulai dari November hingga Februari, kota ini memiliki gelombang besar wisatawan, banyak di antaranya adalah solo traveler.

Cape Town penuh sesak dengan kegiatan wisata, mulai dari panjat tebing di tempat terbuka seperti, Table Mountain atau Lion's yang sangat terkenal. Atau mengunjungi tur budaya, seperti ke Pulau Robben, tempat Nelson Mandela dipenjara. Setelah beberapa hari menjelajahi situs-situs kota, pastikan untuk bersantai di pantai berpasir putih Clifton atau Camps Bay.

Chiang Mai, Thailand
Tempat pertama yang menjadi tujuannya saat solo traveler adalah Asia Tenggara. Chiang Mai, Thailand, adalah tujuan sempurna karena tidak terlalu besar, penuh dengan ekspatriat, dan sangat mudah untuk bepergian.

Ada banyak hal yang harus dilakukan, seperti berjumpa dengan gajah yang terlatih atau menjelajahi kuil-kuil yang indah, serta ada banyak hostel, dan membuat dompet aman.

London, Inggris
Salah satu tujuan yang mungkin terlintas dalam pikiran setiap orang adalah London, Inggris. Selain Bahasa Inggris sebagai bahasa utama yang digunakan di dunia, London adalah tempat percampuran besar bahasa, budaya, dan sejarah.

London terus menjadi hotspot budaya untuk menikmati masakan lezat, hiburan, olahraga, mode, akademisi, dan banyak lagi. Beberapa museum gratis dapat memberikan informasi sejarah selama berabad-abad, tidak ada sejarah yang ditambahkan atau dikurangkan.

photo
Kota Tua Praha.

Praha, Republik Ceko
Praha bisa jadi tujuan berlibur pada musim semi. ‘Paris of the East’ itu memiliki sedikit banyak keindahan yang mewakili wilayah Eropa lainnya. Kemudian, sangat mudah untuk mengakses GPS untuk berjalan kaki dan mencari transportasi transit.

Museum di sana menawarkan banyak sejarah, tetapi bisa pula berjalan-jalan menikmati seni pada semua patung jalanan yang unik. Kota ini menakjubkan siang dan malam serta beberapa pemandangan terbaiknya berasal dari Sungai Vltava.

Tamarindo, La Fortuna, atau Puerto Viejo, Kosta Rika
Kosta Rika adalah tujuan yang mudah untuk menjalin pertemanan baru, juga bertemu dengan wisatawan lain yang sedang menjelajah. Banyak juga yang menyukai Kosta Rika karena keindahan alamnya dan karena ada begitu banyak yang bisa dilihat dan dilakukan. Jika ingin mencoba salah satu dari mata air panas kelas dunia, zipline melalui hutan, atau memukul gelombang sore dengan berselancar, dan masih banyak lagi pilihan kegiatan.

Tokyo, Jepang
Tokyo adalah tujuan solo traveler yang baik, apalagi yang baru pertama kali memilih untuk solo traveling. Selain menjadi salah satu kota teraman di dunia, ada banyak sekali hal di Tokyo yang akan membangkitkan rasa ingin tahu kita, mulai dari pemandangan makanan dan minuman yang luar biasa, hingga etika, budaya, dan sub-budaya mereka.

Dubai, Uni Emirat Arab (UEA)
Jika benar-benar ingin menyendiri pada solo traveling, maka dapat bersantai di salah satu pantai Dubai yang menakjubkan, atau melakukan perjalanan seharian yang mudah ke Abu Dhabi dan berkeliling di salah satu museum mereka yang menakjubkan, termasuk Louvre Abu Dhabi.

photo
Pasar Ubud, Bali.

Bali, Indonesia
Bali, Indonesia menawarkan keindahan dalam satu tempat bagi solo traveler, seperti pantai, dunia bawah laut, gunung berapi, air terjun, hutan hujan, budaya lokal, sejarah, kesehatan, kehidupan malam, masakan, dan banyak lagi. Orang-orang sangat melestarikan budaya dan alam, memastikan Bali selalu menjadi tempat yang aman bagi semua orang untuk bepergian, termasuk yang baru melakukan solo traveler.

H?i An, Vietnam
H?i An, Vietnam, sangat cocok untuk solo traveling pertama seseorang. Tempat itu memiliki dimensi sejarah yang kaya, seperti berjalan pada museum hidup yaitu H?i An Ancient Town, namun dalam kontemporer sikap dan kehidupan sehari-harinya.

Queenstown, New Zealand
Queenstown, New Zealand cocok sebagai tujuan pertama bagi solo traveler. Kota ini dikenal sebagai ibu kota petualangan dunia. Kita bisa bungee jump, skydive, parasail, dan banyak lagi.

Ditambah lagi, pelancong yang berusia di bawah 30 atau 35 tahun (tergantung dari negara mana mereka berasal), dapat mengajukan permohonan visa kerja dan tinggal lebih lama. Orang-orangnya sangat ramah, terbuka, suka membantu, dan bisa berbicara bahasa Inggris.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA