Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Cara Atasi Masalah Rambut Saat Musim Dingin

Jumat 17 Jan 2020 03:11 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Christiyaningsih

Saat musim dingin ada beberapa masalah yang sering kali dialami misalnya rambut rusak. Ilustrasi

Saat musim dingin ada beberapa masalah yang sering kali dialami misalnya rambut rusak. Ilustrasi

Foto: gsienergy.us
Saat musim dingin ada beberapa masalah yang sering kali dialami misalnya rambut rusak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat musim dingin ada beberapa masalah yang sering kali dialami oleh banyak orang. Salah satunya adalah masalah rambut rusak yang seketika menjadi sebuah mimpi buruk dan perlu diatasi dengan tepat.

Dilansir Boldsky, beberapa masalah rambut yang sering dialami oleh banyak orang saat musim dingin di antaranya adalah ketombe, kulit kepala kering, serta rambut bercabang. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat mengalami kondisi-kondisi tersebut.

1. Kulit kepala kering dan terkelupas

Salah satu masalah rambut paling umum saat musim dingin karena suhu cuaca yang dingin menghisap kelembaban kulit kepala Anda dan membuatnya terasa kering dan gatal. Memijat kulit kepala dengan minyak adalah cara yang tepat.

Gunakan minyak kelapa hangat, minyak zaitun, atau minyak almond untuk memijat kulit kepala Anda. Diamkan selama sekitar satu jam dan gunakan sampo bebas sulfat ringan saat membilas.

2. Ketombe

Setelah kulit kepala kering, gatal, hingga terasa bersisik, ketombe juga akan mengikutinya. Sel-sel kulit kering menyebabkan pembentukan serpihan yang kita kenal sebagai ketombe. Klaim yang dibuat sampo anti-ketombe tidak sepenuhnya benar. Untuk menghilangkan ketombe, kulit kepala harus dilembapkan terlebih dahulu.

Pijatlah kulit kepala dengan minyak hangat, konsumsi makanan yang sehat, dan gunakan sampo yang ringan. Jangan lupa untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

3. Rambut mengembang

Frizzy atau rambut yang mengembang terjadi saat kurangnya kelembapan di kepala secara keseluruhan. Jauhi terlebih dahulu alat penata rambut seperti hair dryer dan alat catok, karena itu hanya akan semakin memperburuk masalah. Jangan lupa, keringkan rambut dengan handuk secara lembut dan hindari menggosoknya dengan kasar.

4. Rambut bercabang

Cuaca d musim dingin yang kering sangat memengaruhi ujung rambut Anda. Salah satu solusinya adalah dengan memotong rambut.

Jika tidak ingin memotong di salon, cobalah sendiri di rumah. Ambillah seutas helai rambut, putar rambut hingga ujungnya terputus, kemudian gerakkan jari dengan ringan agar membuat ujung rambut menonjol. Gunakan gunting untuk memotongnya.

5. Rambut kusam

Rambut kusam memengaruhi warna dan tekstur rambut. Gunakan kondisioner setiap kali Anda mencuci rambut lalu diamkan selama setidaknya satu menit.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA