Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Ahli Teh Dunia Ungkap Cara Terbaik Menyimpan Teh

Jumat 17 Jan 2020 04:21 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah

Ahli teh dunia, Ottilie Cunningham menuturkan, cara terbaik menyimpan teh adalah dengan menyimpannya dalam kaleng atau toples gelap yang kedap udara (Ilustrasi Teh)

Ahli teh dunia, Ottilie Cunningham menuturkan, cara terbaik menyimpan teh adalah dengan menyimpannya dalam kaleng atau toples gelap yang kedap udara (Ilustrasi Teh)

Foto: Flickr
Ada cara terbaik yang diungkap ahli teh dunia terkait cara menyimpan teh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli teh dunia, Ottilie Cunningham menuturkan, cara terbaik menyimpan teh adalah dengan menyimpannya dalam kaleng atau toples gelap yang kedap udara. Di mana, campuran teh tersebut bisa diletakan di dapur ataupun kabinet, selama tempat tersebut kering.

"Kecuali campuran yang langka, teh tidak boleh disimpan di lemari es," Ujar dia seperti dilansir realsimple, Jumat (17/1).

Dia melanjutkan, daun teh kering nyatanya memiliki kadar air tiga hingga lima persen. Hal tersebut mencegah daun teh membusuk seperti makanan lain ketika dikeringkan.

“Karena dikeringkan dengan sangat baik, ini berarti bahwa teh sangat hidroskopi — yaitu.  akan menyerap air dengan mudah seperti spons jika dibiarkan di lingkungan yang lembab, ”katanya.

Dengan alasan tersebut, ia menyatakan, menyimpannya dalam wadah bersih dan kering serta kedap udara, berfungsi untuk membantunya mencegah teh menyerap kelembaban yang berlebih.

Menurut Cunningham, hal tersebut nyatanya berlaku juga untuk teh dengan kantong, ataupun daun teh biasa. Di mana, keduanya harus disimpan dan dirawat dengan cara yang sama.

Lebih lanjut dia menegaskan, ketika menyimpan teh dengan cara tersebut, upayakan untuk terhindar dari apapun yang beraroma kuat atau menyengat.

"Karena teh akan siap menyerap rasa lain," kata Cunningham.

Namun demikian menurut dia, selama teh yang dimiliki dijaga dan dinikmati dengan benar, tak akan ada masalah berarti. Sebab, semakin segar teh nya, maka kualitas akan semakin baik. Terlepas dari seberapa baik disimpannya.

Di akhir dia mengatakan, jika varietas favorit teh pribadi dijual dalam jumlah besar,  Anda lebih baik membelinya dalam kualitas yang lebih kecil. Pasalnya, penyimpanan kecil akan lebih mudah untuk penyegarannya, dari pada teh tersebut.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA