Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Pulau Abang, Lokasi Snorkeling Paling Molek di Batam

Kamis 16 Jan 2020 15:56 WIB

Red: Reiny Dwinanda

 Ikan badut bermain di terumbu karang. Snorkeling di Pulau Abang di Batam, wisatawan bisa berjumpa dengan ikan badut.

Ikan badut bermain di terumbu karang. Snorkeling di Pulau Abang di Batam, wisatawan bisa berjumpa dengan ikan badut.

Permukaan air yang relatif tenang membuat Pulau Abang aman untuk snorkeling.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Kegiatan menyelam permukaan (snorkeling) di Pulau Abang Kota Batam Kepulauan Riau semakin dinikmati wisatawan dalam dan luar negeri. Itu terjadi setelah meningkatnya sarana dan fasilitas Pulau Abang.

"Bila tahun-tahun sebelumnya hanya puluhan hingga beberapa ratus orang saja yang menikmati keindahan bawah laut Pulau Abang setiap tahun, maka sepanjang 2019, tercatat sekitar 1.000 pelancong yang snorkeling di sana," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, Kamis.

Pulau Abang merupakan pulau penyangga yang berlokasi di Kecamatan Galang. Gugusan Pulau Abang terlindung pulau-pulau di sekelilingnya, dengan permukaan air yang relatif tenang, sehingga aman dan nyaman bagi penyelam pemula.

Pengelola wisata bawah laut Pulau Abang, Zakaria, menyatakan, dibanding perairan lain di Batam, keelokan perairan Pulau Abang lebih populer. Di sana, pengunjung bisa menikmati terumbu karang yang indah dan bertemu ikan "nemo" alias clown fish (ikan badut).

"Untuk snorkeling, yang terkenal di Pulau Abang," kata Zakaria.

Menurut Zakaria, turis asing datang dari berbagai negara, antara lain Singapura, Malaysia, Thailand, Cina, India, Brasil, dan Australia. Menurutnya, sepanjang 2019 tercatat kunjungan WNI sebanyak 600 orang dan WNA 400 orang.

Selain menikmati wisata bawah laut, pengunjung juga dapat menikmati suasana pantai yang indah. Zakaria mengatakan pengunjung biasanya makan dan minum kelapa sambil menikmati suasana pantai.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA