Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Cara Gampang Memecahkan Telur Hingga Memasak Pasta

Kamis 16 Jan 2020 09:45 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Telur ayam. Ada cara gampang untuk memecahkan telur agar kuningnya tidak pecah.

Telur ayam. Ada cara gampang untuk memecahkan telur agar kuningnya tidak pecah.

Foto: Dailyrecord
Ada cara gampang untuk memecahkan telur tanpa membuat cangkangnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak peduli seberapa berpengalaman Anda di dapur, tetap selalu ada pelajaran dan keterampilan baru yang bisa dipelajari. Berikut beberapa tips yang didapatkan penulis buku kuliner Kelli Foster dari kelas masak yang diselenggarakan Kitchn.

Baca Juga

1. Cara tepat memecahkan telur
Sebelum belajar di sekolah memasak Kitchn, Foster biasanya memecahkan telur di tepi mangkuk atau wajan. Meski metode tersebut tidak selalu salah, namun ternyata ada cara yang jauh lebih baik.

Cobalah memecahkan telur pada permukaan yang rata. Saat diketuk di permukaan datar, jauh lebih kecil kemungkinan kuning telur ikut pecah dan tercampur. Pecahan cangkangnya pun tak rawan masuk ke dalam mangkuk telur.

2. Metode buku jari untuk menanak nasi
Menanak nasi telah menjadi keseharian banyak orang. Namun, jarang orang yangmengingat rasio perbandingan air dengan nasi. Metode satu buku jari merupakan yang paling ideal diterapkan untuk mengetahui perbandingan air dan nasi secara tepat.

Anda bisa menuangkan beras yang akan digunakan dalam wadah, meratakannya, dan menyentuh bagian atas beras dengan jari. Setelah itu tuangkan air hingga mencapai buku jari.

3. Bilas kacang yang sudah dimasak dengan es
Meski memasak kacang merah sebenarnya cukup mudah, ada beberapa trik untuk membuatnya terasa gurih tanpa menjadi keras. Masukkan kacang yang sudah dimasak ke dalam es dan ini membantu kacang tidak akan menjadi pecah dan teksturnya akan sangat baik.

4. Tidak perlu keringkan pasta
Tidak perlu mengeringkan pasta. Pindahkan pasta dari panci yang digunakan untuk merebus langsung ke wadah lain dan campurkan dengan saus.

Angkat pasta dengan menggunakan penjepit atau saringan. Dengan cara ini, air yang bertepung secara otomatos masuk ke wajan dan sisanya masih ada di panci untuk persediaan jika diperlukan saat memasak.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA