Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Konsumsi Makanan Ini di Malam Hari Bantu Tidur Nyenyak

Kamis 16 Jan 2020 04:09 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Di malam hari ada sejumlah makanan yang baik dikonsumsi untuk tidur lebih nyenyak (Ilustrasi Tidur Nyenyak)

Di malam hari ada sejumlah makanan yang baik dikonsumsi untuk tidur lebih nyenyak (Ilustrasi Tidur Nyenyak)

Foto: Piqsels
Di malam hari ada sejumlah makanan yang baik dikonsumsi untuk tidur lebih nyenyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di malam hari, ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dihindari agar tidak menganggu tidur Anda. Selain itu, ada sejumlah makanan lainnya yang baik untuk dikonsumsi karena akan meningkatkan kualitas istirahat Anda, sehingga dapat terbangun dengan lebih bugar di pagi hari.

Dilansir Well and Good, Kamis (16/1), tak sedikit orang yang melakukan segala cara agar dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Bahkan, mengkonsumsi obat-obatan tertentu menjadi salah satu yang sering dilakukan untuk membantu hal itu.

Padahal, konsumsi obat bukanlah solusi terbaik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Lebih baik gunakan cara alami, seperti mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang terbukti dapat membantu Anda dengan aman.

Seorang ahli gizi bernama Kimbery Snyder memberi informasi tentang makanan yang membuat tidur lebih baik, serta mampu memberi energi saat menjalani aktivitas sehari-hari. Pakar yang memiliki klien sejumlah aktris Hollywood seperti Drew arrymore dan Hillary Duff itu membagikan beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi sebagai berikut.


Biji pumpkin (labu)
Biji labu adalah sumber energi karena kaya dengan vitamin A dan C, serta jumlah serat yang sehat. Snyder mengatakan konsumsi biji labu di malam hari sangat baik karena kandungan magnesium yang tinggi di dalamnya.

“Magnesium adalah nutrisi yang menenangkan untuk tidur yang lebih baik,” ujar Snyder.

Konsumsi segenggam biji labu begitu saja dapat Anda lakukan. Jika ingin memberikan tambahan rasa, campurlah untuk menjadi smoothie.


Beras cokelat
Terkadang makan di waktu menjelang tidur atau telah larut malam tidak bisa dihindari. Snyder merekomendasikan nasi merah atau brown rice sebagai bagian dari makanan, jika Anda makan setelah satu jam tertentu atau beberapa saat menjelang waktu tidur.

“Nasi merah sarat dengan triptofan, asam amino yang membantu otak dalam keadaan santai, mirip dengan melatonin," jelas Snyder.

Makanan lain yang memiliki triptofan dan efek serupa diantaranya adalah kalkun, salmon, telur, tahu, lentil, dan bayam.


Cokelat hitam
Dark chocolate mengandung magnesium. Cobalah konsumsi satu ons dark chocolate, dibandingkan cokelat biasa.


Bayam
Bayam adalah sumber magnesium dan triptofan yang baik, sehingga bermanfaat ganda sebagai makanan sebelum tidur. Sayuran ini lebih mudah dicerna dan Anda bisa memadukannya sebagai smoothie atau sup.

Baca Juga

Teh bebas kafein
Satu minuman yang membuat tidur lebih baik adalah teh tanpa kafein. Snyder mengatakan teh bebas kafein terbukti meningkatkan relaksasi dan kualitas tidur.

Bagi sebagian orang, ritual minum teh sebelum tidur menandakan dimulainya rutinitas tidur, membuat pikiran dan tubuh tertidur. Synder mengatakan beberapa jenis favoritnya untuk dinikmati di malam hari adalah teh chamomile, lavender, tulsi, dan rooibos.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA