Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Pakai Kacamata Baru Bikin Sakit Kepala?

Rabu 15 Jan 2020 09:35 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah

Ada rasa tidak nyaman saat seseorang menggunakan kacamata baru (Ilustrasi Pakai Kacamata)

Ada rasa tidak nyaman saat seseorang menggunakan kacamata baru (Ilustrasi Pakai Kacamata)

Foto: Safebee
Ada rasa tidak nyaman saat seseorang menggunakan kacamata baru.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Jika Anda adalah seorang yang telah menggunakan kacamata sejak lama, pasti Anda ingat dengan ketidaknyamanan saat menggunakan kacamata baru. Ini terjadi pada semua orang yang memakai kacamata secara teratur.

Seperti yang dilansir dari Times of India, Rabu (15/1), hal tersebut ternyata memiliki alasan. Jika menggunakan kacamata resep, itu berarti Anda mengimbangi kesalahan refraksi mata, yang merupakan kesalahan pada otot mata.

Ini merupakan kesalahan pada otot mata yang membuat Anda lebih sulit untuk fokus pada apa pun. Jika rabun jauh, Anda tidak akan dapat melihat objek yang berada di kejauhan.

Jika rabun dekat, Anda akan merasa sulit untuk fokus pada objek yang berada di dekat Anda. Terlepas dari dua masalah umum ini, ada masalah yang berkaitan dengan mata, yang dikoreksi dengan kacamata yang ditentukan.

Dalam situasi apa pun, mata Anda tidak dapat menekuk sinar cahaya dengan benar. Akibatnya, Anda melihat gambar yang kabur.

Saat Anda mengenakan kacamata untuk waktu yang lama, otot-otot mata menyesuaikan diri sesuai dengan itu. Jadi ketika Anda mengubah spesifikasi, mata memerlukan waktu untuk menyesuaikan dengan lensa baru.

Mata tidak akan langsung beradaptasi dengan perubahan. Ini terjadi hanya ketika resep berubah. Jika belum, maka Anda akan menyesuaikannya dengn mudah. Terlepas dari sakit kepala, beberapa orang bahkan mengalami rasa sakit di mata, ketika mereka mulai menggunakan kacamata baru untuk alasan yang sama.

Sakit kepala ringan dan nyeri pada mata adalah hal biasa. Namun, seharusnya tidak mengganggu selama lebih dari sepekan. Jika tetap bertahan lebih dari tujuh hari, maka tidak normal dan Anda harus memeriksakan diri ke dokter, terutama jika disertai dengan pusing. Dalam banyak kasus karena bingkai kacamata, resep kacamata  yang terlalu kuat atau terlalu lemah juga membuat situasi semakin buruk.

Beberapa hari pertama mungkin sulit, tetapi Anda harus melakukan apa yang perlu dilakukan. Sebab jika Anda tidak pindah ke kacamata baru, itu akan lebih berbahaya bagi otot mata.

Alih-alih mengenakannya sepanjang hari, kenakan kacamata Anda selama tiga hingga empat jam di awal dan kemudian gunakan kacamata lama Anda. Setelah sepekan, mata Anda akan menyesuaikan dengan kacamata baru dan akan mudah bagi Anda untuk memakainya sepanjang hari.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA