Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Makanan Afrika Barat Bakal Jadi Tren Tahun Ini

Rabu 15 Jan 2020 05:51 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nora Azizah

Menu makanan Afrika Barat begitu variatif dengan menyajikan asupan vegetarian (Makanan Afrika)

Menu makanan Afrika Barat begitu variatif dengan menyajikan asupan vegetarian (Makanan Afrika)

Foto: Wikipedia
Menu makanan Afrika Barat kian populer di Amerika Serikat (AS).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menu makanan Afrika Barat begitu variatif dengan menyajikan asupan vegetarian. Makanan tersebut kini tengah populer di Amerika Serikat (AS) dan telah tersebar di senantero Negeri Paman Sam.

Seperti diwartakan Well and Good, Rabu (15/1) menu makanan Afrika Barat diprediksi bakal menjadi tren di 2020. Ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut.

Ubi, pisang raja, singkong, kacang polong, tomat, okra, serai dan beras adalah makanan pokok Afrika Barat. Makanan itu mendapatkan rasa ekstra dari berbagai rempah-rempah termasuk bawang putih, jahe, pala, bubuk stok, udang galah kering hingga biji melon.

Selain sehat karena bahan dasar berasal dari tanaman, menu Afrika Barat disebut-sebut dapat mendorong konsumsi makanan sehat bagi asupan tubuh. Selain itu, menu makanan juga relatif mudah dibuat.

Misalnya saja Jollof Rice. Makanan ini merupakan hidangan awal asal Afrika Barat yang bagi pemula. Selain nasi, resep yang dibutuhkan adalah kaldu ayam atau sayuran, lada merah dan sederetan rempah-rempah aromatik. Makanan ini dinilai lebih enak daripada nasi putih atau beras merah.

Lain lagi dengan Pinto beans and butternut squash soup. Makanan ini memanfaatkan kacang pinto dan menggabungkan banyak sayuran serta bumbu-bumbu penyedap lainnya. Makanan dikemas dengan protein tinggi.

Begitu juga dengan menu Spicy peanut soup. Menu merupakan kari. Resepnya adalah bawang merah, bawang putih, cabai dan jahe dimasak sebelum tomat, kaldu dengan tambahan selai kacang.

Makanan bisa juga dipadukan dengan collard green dan dimasak sampai lunak. Makanan ini juga bisa memasangkannya dengan nasi. Menu ini dinilai cukup sehat.

Atau resep West African chicken stew. Beberapa hidangan memasukkan ayam untuk protein, seperti yang ditunjukkan resep ini. Di sini, itu dilapisi dengan rebusan yang terbuat dari tomat yang dihancurkan, mentega biji bunga matahari, dan rempah-rempah yang menghangatkan.

Sama halnya dengan West African rice and beans. makanan ini menggunakan nasi dan kacang-kacangan adalah makanan pokok di banyak budaya. Anda mungkin bisa menebak twist di Afrika Barat: rempah-rempah dan tomat. Ini adalah hidangan yang baik untuk dibuat dalam jumlah besar dan dimakan sepanjang minggu.
rizkyan adiyudha

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA