Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Efek Riasan No-Makeup Makeup Pada Kulit

Selasa 14 Jan 2020 17:43 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah

Banyak yang berpikir riasan 'no-makeup makeup' tidak menyebabkan kerusakan kulit.

Banyak yang berpikir riasan 'no-makeup makeup' tidak menyebabkan kerusakan kulit.

Foto: Pixabay
Banyak yang berpikir riasan 'no-makeup makeup' tidak menyebabkan kerusakan kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Saat menelusuri isi Instagram, seseorang pasti pernah menemukan tren baru tampilan no-makeup makeup atau riasan seolah 'tanpa riasan’. Tetapi pernahkah terpikirkan apakah tampilan ‘tanpa riasan’ ini dapat menyebabkan kerusakan kulit mereka dalam jumlah yang sama dibandingkan dengan riasan biasa?

Dokter Kulit Klinik Kulit Zolie, Dr Nirupama Parwanda mengatakan tampilan tanpa riasan juga merusak kulit meski terlihat sempurna. Orang-orang tidak melihat bagaimana sebagian besar ahli menggunakan jumlah produk kecantikan yang sama untuk mencapai hasil akhir yang sempurna.

“Meski tampilan terakhir tampak alami, tidak ada yang bisa menyangkal jumlah lapisan (dari kosmetik) untuk mencapai tampilan itu (di kulit wajah),” ujar Parwanda, seperti yang dilansir dari Times of India, Selasa (14/1).

Hal tersebut, Parwanda melanjutkan, membuat kulit terancam berjerawat, kering, alergi, bintik-bintik hitam dan kerutan. Jadi tidak ada yang berbeda dari riasan biasa. Namun, jika Anda cukup bijak memilih produk berkualitas baik yang mengandung lebih sedikit bahan kimia dan memiliki manfaat kulit tertentu di dalamnya, maka efek tampilan ‘tanpa riasan’ ini dapat diminimalkan.

Berbagai produk di pasaran telah dibuat untuk penggunaan reguler. Sementara produk-produk ini mungkin tidak mengandung semua bahan yang disukai kulit.

“Carilah produk dengan bahan-bahan bermanfaat seperti tea tree, vitamin C, retinol dan lain-lain sehingga kulit dapat memperoleh manfaat tertentu dari riasan Anda,” kata Parwanda.

Saran lainnya, selalu hapus riasan segera setelah berada di rumah. Selalu bersihkan pelembab dan riasan setiap malam sebelum tidur.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA