Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Menikmati Cappuccino Ala Italia

Selasa 14 Jan 2020 16:46 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Di Italia, tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai pagi hari selain dengan cappuccino (Cappuccino Lavazza)

Di Italia, tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai pagi hari selain dengan cappuccino (Cappuccino Lavazza)

Foto: Flickr
Di Italia, tidak ada cara yang lebih baik memulai pagi selain dengan cappuccino.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Cara untuk memulai hari di Italia belum tentu dengan semangkuk sereal atau hidangan lezat telur dadar dan daging. Di Italia, tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai pagi hari selain dengan cappuccino.

Melansir laman La Cucina Italiana, Selasa (14/1), ada ribuan gerai kopi di Italia untuk menikmati cappuccino. Namun, Lavazza menjadi tempat paling tepat untuk menyeruput cappuccino di pagi hari.

Lavazza, kopi favorit Italia sejak 1895, berbagi beberapa tips untuk memesan kopi seperti di Italia.

Jika mampir di Lavazza di pagi hari, jangan kaget kedai ini sangat ramai. Pasalnya, penikmat kopi pasti tak akan melewatkan secangkir cappuccino Lavazza di pagi hari.

Baca Juga

Cara minum kopi di kedai ini, kita harus bayar terlebih dahulu sebelum mengonsumsi secangkir kopi. Kemudian barista akan bertanya, canella o cacao atau ingin pilih kayu manis atau cokelat untuk di tabur di atas buih cappuccino.

Bila lebih suka busa cappuccino polos, maka ucapkanlah 'si' yang berarti 'tidak, terima kasih'. Di Italia, jangan pernah meminta gula pada barista. Sebab, gula sudah tersedia di atas meja.

Menikmati cappuccino ala Italia juga tidak bsia menyeruputnya dengan berlama-lama. Selesaikan minuman dengan cepat karena jangan sampai dilirik pelanggan lain yang juga mengincar kursi.

Sebagai penikmat kopi, mungkin pernah mendengar bahwa cappuccino hanya tersedia di kedai kopi Italia hanya sampai pukul 11 pagi. Namun, kabar ini tidak sepenuhnya benar.

Cappuccino di Italia bisa dinikmati sebelum jam makan siang. Umumnya, masyarakat Italia menyantap makan siang di atas pukul satu siang sehingga sah-sah saja cappuccino dipesan sebelum jam tersebut.

Tak hanya itu, jujur saja, penduduk Italia paham bahwa masyarakat di berbagai negara bisa minum cappuccino setiap saat. Bila merasa yakin akan disajikan barista, boleh saja memesan cappuccino tanpa mengenal waktu. Namun bila ditolak, maka minta saja macchiato.

Bila tak sempat berkunjung ke Lavazza, perhatikan mesin pembuat kopi di penginapan. Biasanya, penginapan menyediakan campuran Caffe 'Espresso Lavassa sehingga bisa membuat cappuccino sendiri kapan saja.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA