Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Memilih Pengharum Ruangan dari Bahan Alami

Selasa 14 Jan 2020 12:21 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Bahan-bahan alami memang tepat digunakan sebagai pengharum ruangan alami untuk membersihkan udara (Ilustrasi Ruang Tamu)

Bahan-bahan alami memang tepat digunakan sebagai pengharum ruangan alami untuk membersihkan udara (Ilustrasi Ruang Tamu)

Foto: Wikipedia
Bahan-bahan alami paling tepat digunakan untuk pengharum ruangan alami.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Udara di rumah sering kali tidak seperti yang diharapkan, baik karena asap pembakaran sesuatu ataupun bau dari masakan. Ada banyak aroma untuk menyegarkan udara di rumah, seperti sepotong pai apel buatan sendiri atau buket bunga yang baru dipetik.

Baca Juga

Bahan-bahan alami memang tepat digunakan sebagai pengharum ruangan alami untuk membersihkan udara. Berikut cara menyegarkan rumah dengan bahan-bahan alami, seperti dilansir laman FamilyHandyman, Selasa (14/1).

 

Pomander
Pomander dapat menjadi penyegar udara alami yang bisa dibuat dengan mudah. Caranya yaitu menusuk buah jeruk dengan tangkai cengkeh, dan ditambah kayu manis dan pala. Gantung bola pomander ini di lemari untuk menangkal udara tidak sedap. Pewangi alami ini juga bisa dimanfaatkan untuk ruangan ataupun mobil.

 

Minyak Atsiri
Selain mengisi diffuser dengan aroma favorit  untuk menyegarkan rumah, minyak berbau manis Atsiri juga bisa memberikan banyak manfaat. Tutup jepitan kayu dengan beberapa tetes minyak esensial, lalu jepitkan ke ventilasi udara mobil untuk menghasilkan aroma yang lebih segar dan lebih menyenangkan di kendaraan. Minyak esensial ini juga bisa digunakan untuk memasak.

Baking Soda
Baking sodar juga cocok untuk menutupi bau. Dengan satu sendok makan soda kue dapat dijadikan semprotan penyegar udara. Campurkan baking soda dengan air dalam botol semprotan kecil. Soda kue mungkin tidak memiliki aroma seperti parfum, tetapi akan menyerap bau yang tidak diinginkan bahkan bisa membuatnya hilang sepenuhnya.

 

Kopi
Baik  membuat kopi sendiri atau menikmatinya saat sedang jalan-jalan di luar, manfaat kopi memang tidak dapat disangkal lagi. Ya, kopi juga berfungsi sebagai penyegar udara alami buatan rumah. Jika ruangan berbau, coba simpan semangkuk kopi yang baru ditumbuk di sekitar area berbau. Pastikan untuk meletakkan mangkuk secara strategis, seperti di atas ventilasi lantai sehingga aromanya bergerak lebih cepat ke seluruh ruangan. Aroma bubuk kopi akan menghalangi bau tidak sedap.

photo
Kopi (Ilustrasi)

 

Cuka
Cuka adalah cairan yang dimasukkan tidak hanya akan menghilangkan aroma tidak sedap, tetapi juga menjaga udara sebersih mungkin. Tempatkan cuka dalam cangkir atau mangkuk, biarkan selama beberapa jam di area yang terkontaminasi. Asam asetat akan mendisinfeksi udara dan menghilangkan bakteri sambil menghilangkan bau busuk yang mencoba bertahan.

Tanaman Rumah
Menyimpan bunga segar di setiap kamar tentu akan menambah aroma menyenangkan di rumah. Sementara karangan bunga mungkin memiliki harga lumayan, cobalah opsi yang lebih hemat biaya dengan menggunakan beberapa tanaman rumah yang wangi, seperti melati atau lavender, mint atau rosemary.

Lilin Alami
Lilin bisa mengurangi bau. Carilah varietas alami yang dibuat dari lebah, kelapa atau lilin kedelai - dan wangi dengan minyak esensial.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA