Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Punya Rp1 Juta Setiap Bulannya? Ini 3 Investasi Pilihan Buat Anda

Selasa 14 Jan 2020 09:35 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Bagi Anda yang sudah menyisihkan uang Rp1 juta setiap bulannya, jangan lupa investasikan biar keuangan masa depan aman. Berikut pilihan instrumen investasinya.

Anda pasti sering membaca atau mendengar anjuran mengenai betapa pentingnya melakukan investasi sejak dini. Di zaman modern ini, investasi memang sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari turunnya nilai uang akibat inflasi. Selain itu, investasi juga bisa menjadi bekal di masa tua. 

Investasi bisa dilakukan oleh semua orang bahkan mahasiswa sekalipun. Yang penting bisa menyisihkan sebagian uang bulanan secara rutin untuk digunakan sebagai modal investasi. 

Tak perlu menyediakan dalam jumlah banyak, sebab sekarang ini ada beberapa jenis investasi yang bisa dilakukan hanya dengan modal Rp 1 juta setiap bulan saja. Meski dengan modal yang kecil, namun Anda akan tetap mendapatkan keuntungan yang besar asal cara investasi yang dilakukan baik dan benar.

Sudah penasaran apa saja investasi yang bisa dilakukan dengan modal Rp 1 juta? Berikut investasi pilihan Cermati.com yang bisa dicoba dari sekarang.

 

1. Menabung Saham

saham

Banyak orang berpikir bahwa berinvestasi dengan saham hanya bisa dilakukan pengusaha atau pebisnis kaya karena harus menyetorkan modal yang sangat besar, bahkan bisa mencapai puluhan juta.

Namun sekarang ini sudah banyak lembaga investasi legal yang memudahkan masyarakat untuk belajar investasi dengan modal yang sangat minim, yaitu hanya Rp100 ribu saja. Nah, bagi Anda yang punya modal sebesar Rp 1 juta per bulan sangat cukup digunakan untuk investasi jenis ini.

Investasi dengan menabung saham tidak jauh berbeda dengan menabung pada umumnya. Namun sebelum membeli saham, Anda harus membuat akun rekening efek terlebih dahulu. Pembuatan rekening efek bisa dilakukan langsung di bank sekuritas seperti BCA Sekuritas, Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, dan MNC Sekuritas.

Bagi yang sibuk, Anda bisa membuat rekening efek secara online. Selain lebih mudah, pendaftaran online juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga: Investor Pemula, Pahami Dulu 6 Hal Ini Agar Sukses Berinvestasi

2. Reksa Dana

Reksa dana merupakan jenis investasi dimana uang yang disetorkan akan dikelola oleh pihak pengelola investasi atau manajer investasi. Setiap institusi memberikan nominal minimal tabungan reksa dana yang berbeda-beda. Namun sebagian besar memberikan nominal minimal Rp1 juta.

Investasi ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana pasar uang, dan reksa dana campuran..

Reksa dana pasar uang memiliki profil risiko investasi yang paling rendah diantara jenis lainnya. Namun keuntungan yang bisa didapatkan juga lebih rendah. Jenis reksa dana pendapatan tetap berfokus pada obligasi milik swasta dan pemerintah, sedangkan sisanya akan diberikan ke instrumen pasar uang. Risiko dari reksa dana pendapatan tetap tidak terlalu besar namun masih lebih tinggi dari reksa dana pasar uang.

Sementara jenis reksa dana campuran merupakan investasi yang dibagi menjadi beberapa sektor. Alokasi dana terbesar diberikan pada obligasi dan saham, sedangkan sisanya untuk pasar uang. Risiko dari jenis reksa dana ini paling besar diantara reksa dana lainnya terutama saat bursa saham sedang buruk.

Namun keuntungan yang didapatkan dari reksa dana campuran akan jauh lebih besar, bisa mencapai angka 20% dalam setahun. Dibandingkan reksa dana pendapatan tetap yang memberikan keuntungan 14,83% per tahun dan reksa dana pasar uang 7,42% per tahun. 

Karena setiap jenis reksa dana memiliki risiko dan keuntungannya tersendiri. Jadi ketika memilih investasi dalam bentuk reksa dana harus pintar memilih jenis reksa dana yang akan digunakan. Yang perlu diingat adalah, semakin besar investasi maka semakin tinggi kerugian dan keuntungannya.

Baca Juga: Tips Jitu Investasi Reksa Dana bagi Para Pemula

3. Emas

emas

Emas menjadi jenis investasi selanjutnya yang bisa dilakukan dengan modal Rp 1 juta. Meskipun memiliki keuntungan yang terbilang kecil, namun investasi emas memiliki risiko kerugian yang rendah. Jadi investasi ini cocok untuk Anda yang baru memulai investasi seperti mahasiswa.

Selain itu, emas juga memiliki harga yang stabil dan cenderung naik sehingga menjadi salah satu jenis investasi yang aman. Ada cukup banyak ukuran emas yang bisa dipilih mulai dari 1 gram, 5 gram, 25 gram, hingga 100 gram. Sesuaikan saja dengan dana yang dimiliki.

Pilih Investasi yang Cocok dan Lakukan dengan Konsisten

Investasi di masa kini bisa dilakukan dengan mudah sehingga Anda tidak perlu kerepotan sendiri. Anda hanya perlu memilih jenis dan tempat investasi yang tepat agar mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan.

Pastikan pilihlah lembaga investasi yang sudah legal untuk menghindari adanya kerugian. Selagi masih muda, lakukan investasi dengan konsisten setiap bulannya agar keuntungan terus berkembang dan meningkat, sehingga keuntungan investasi bisa Anda jadikan simpanan atau dana masa depan.

Baca Juga: Tips Investasi Pemula Sesuai dengan Usia

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA