Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

10 Langkah Menurunkan Berat Badan di Usia 40

Selasa 14 Jan 2020 03:53 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Reiny Dwinanda

Memasuki usia 40 tahun, banyak perempuan kesulitan menurunkan berat badan.

Memasuki usia 40 tahun, banyak perempuan kesulitan menurunkan berat badan.

Foto: flickr
Memasuki usia 40 thaun, banyak perempuan kesulitan menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki usia 40 tahun akan membuat perempuan sulit menurunkan berat badan. Sebab, kinerja tubuh, misalnya proses metabolisme, mulai menurun.

Sebagaimana dilansir Prevention, perempuan pada masa perimenopause ataupun menopause akan mengalami penurunan level estrogen. Mulai usia 40 tahun, hormon estrogen pun menjadi sensitif sehingga mengakibatkan tubuh sulit mengontrol kadar gula dalam darah.
 
Caroline Cederquist MD, seorang ahli bedah bariatrik bersertifikat dan pendiri layanan pengiriman makanan BistroMD, mengatakan bahwa ketika kadar gula darah naik dan turun, keinginan untuk mengonsumsi makanan ringan yang tak sehat akan meningkat. Meski demikian, masih terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan di usia 40-an.
 
1. Tetapkan alasan mengapa Anda harus menurunkan berat badan
Tanpa motivasi yang kuat, semua upaya akan terasa berat. Anda harus memiliki kesadaran mental yang membuat Anda siap untuk berubah.
 
"Jika Anda tidak terlibat secara mental, itu tidak akan berhasil," kata Pamela Peeke MD, penulis The Hunger Fix.
 
2. Evaluasi pola konsumsi
Dr Cederquist mengatakan, pembatasan karbohidrat olahan dan makanan olahan dapat membantu memerangi resistensi insulin yang berkaitan dengan usia dan meningkatkan kadar gula darah yang stabil. Konsumsilah lebih banyak protein.
 
3. Kurangi porsi makan
Mengonsumsi lebih banyak protein tanpa mengurangi porsinya, tak akan membantu membuat berat badan turun. Pakar nutrisi Frances Largeman-Roth menyarankan agar wanita yang biasanya mengonsumsi 2.000 kalori per hari harus berusaha mengurangi menjadi 1.500–1.600 per hari.
 
4. Coba lakukan puasa intermiten
Caranya ialah dengan membatasi makan hanya 8 jam dan puasa selama 16 jam. Penelitian telah menunjukkan bahwa puasa intermiten tidak hanya bermanfaat bagi penurunan berat badan, tetapi juga dapat membantu Anda mengendalikan pradiabetes dan diabetes.
 
5. Bagilah waktu makan lebih banyak
Peningkatan resistensi insulin mungkin membuat Anda merasa lebih lapar. Membagi makanan Anda menjadi tiga kali makan berukuran sedang dan satu atau dua camilan kecil akan menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil saat melawan keinginan untuk makan camilan.
 
6. Jauhkan camilan
Anda sebaiknya hanya mengonsumsi camilan hanya ketika tak lagi bisa dihindarkan. Intinya, tetap jadikan camilan dalam urutan terakhir daftar makanan Anda.
 
7. Jauhi alkohol
Ketahuilah bahwa alkohol juga dianggap sebagai minuman yang dapat mengganggu penurunan berat badan.
 
8. Berolahraga
Mengubah pola makan tapi tak berolahraga adalah cara sia-sia untuk menurunkan pada usia 40. Setidaknya, lakukanlah olahraga sebanyak empat kali dalam sepekan.
 
9. Bergeraklah lebih banyak
Selain berolahraga, Anda juga bisa membakar kalori dengan bersepeda ataupun berjalan kaki di luar rumah.
 
10. Hindari makanan pemicu
Apakah memakan satu kotak cokelat membuat Anda ingin memakan cokelat lebih banyak lagi? Kalau iya, hindari mengonsumsinya.
 
Ingatlah bahwa strategi penurunan berat badan yang paling berhasil bagi Anda bisa saja tak selamanya efektif. Jika kemajuan Anda mulai terhenti, pertimbangkan untuk mengganti bagian dari diet atau rencana kebugaran Anda.
 
"Saya menemukan bahwa untuk perempuan di atas 40 tahun, termasuk saya sendiri, penting untuk menilai apa yang kita lakukan setiap tahun," kata Largeman-Roth.
 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA