Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Manfaatkan Waktu Emas Sebagai Ibu

Ahad 12 Jan 2020 16:06 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

 Talkshow Gemilang di Dalam Cemerlang di Luar yang digelar From Home Community di University Club Hotel UGM, Ahad (12/1).

Talkshow Gemilang di Dalam Cemerlang di Luar yang digelar From Home Community di University Club Hotel UGM, Ahad (12/1).

Foto: Wahyu Suryana.
Seorang ibu harus bisa mensyukuri waktu untuk memanen pahala.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Ibu merupakan sosok paling penting bagi anak-anak. Bahkan, apapun nilai-nilai yang seorang ibu tanamkan hampir pasti menjadi apapun yang akan dituai anak-anak ketika mereka dewasa kelak.

Pemerhati dunia anak dan pernikahan, Ustazah Nunung Bintari menilai, seorang ibu harus bisa mensyukuri waktu untuk memanen pahala. Sebab, ia mengingatkan, ibu merupakan profesi yang memiliki ladang pahala.

Soal rezeki, Nunung menekankan, sudah ada Allah SWT yang mengaturnya. Karenanya, ia menegaskan, setiap anak yang dilahirkan, tiap anak dijaga Allah SWT dan sudah diberikan rezekinya masing-masing.

"Berharap ibu-ibu bisa memanfaatkan waktu untuk ibadah, mengumpulkan pahala, karena yang kita lakukan ikhlas insya Allah berpahala," kata Nunung, di Talkshow Gemilang di Dalam Cemerlang di Luar yang digelar From Home Community di University Club Hotel UGM, Ahad (12/1).

Konselor keluarga, Deassy M Destiani mengatakan, manusia memiliki kewajiban untuk bermanfaat bagi orang lain. Sebab, saat tidak bermanfaat, manusia akan merasa kosong menjalani hidupnya.

Penulis buku Bukan Untuk Dibaca dan Anakku Bukan Anakku itu menilai, menjadi ibu tidak harus menghalangi seseorang berkarir. Sekaligus, berkarir tidak boleh pula mengganggu semua kewajiban sebagai ibu.

"Kuncinya, yang pertama fokus kepada Allah SWT, menjadi wanita saleh, taat kepada suami," ujar Deassy.

Setelah itu, kata Deassy, fokus kepada potensi apapun yang dimiliki masing-masing. Termasuk, potensi besar ibu untuk menghadirkan kebahagiakan untuk anak-anak, suami, dan diri sendiri.

Menurut Deassy, jika semua itu sudah tercapai, barulah bisa memberikan fokus untuk bermanfaat bagi orang lain. Ia menekankan, seorang manusia  harus bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

Talkshow sendiri dimoderatori praktisi psikologi, Novi Ningrum, dan dipandu Ditta Amalia. Turut menghadirkan bidan dan penulis, Mugi Rahayu, fashion designer dari Paradise Batik, Mudrika Paradise.

Uniknya, di sisi belakang ruangan, disediakan pula arena bermain dan belajar untuk anak-anak. Sudut yang diisi mainan, perosotan, dan buku-buku itupun diramaikan anak-anak yang hadir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA