Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

5 Cara Jaga Kesehatan Saat Musim Liburan

Jumat 27 Dec 2019 00:23 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda

Menjaga kesehatan selama musim liburan penting dilakukan. Liburan (Ilustrasi)

Menjaga kesehatan selama musim liburan penting dilakukan. Liburan (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Liburan seringkali kesehatan menurun karena banyak makan dan kurang berolah raga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang akhir tahun dan awal tahun baru merupakan musim liburan yang banyak dinanti. Bagi sebagian orang, kumpul keluarga dan jalan-jalan merupakan hal yang sangat penting.

Namun, dalam waktu liburan ini seringkali kesehatan justru menurun karena banyak makan dan kurang berolah raga. Ini bisa menjadi tantangan untuk menjaga rutinitas olah raga Anda ketika tidak memiliki akses ke gym atau peralatan olah raga pribadi Anda.

Berikut beberapa latihan rutin yang dapat dilakukan dalam musim liburan, dilansir di Health Line, Kamis (26/12):

1. Jalan kaki atau Lari

Bagi mereka yang tidak memiliki akses ke mesin kardio selama liburan, solusinya sangat mudah.

Lakukan rutinitas kardio Anda dengan cara kuno dan pergi keluar untuk berjalan-jalan atau berlari. Setengah jam berjalan kaki bisa mencapai 2 km dan diperkirakan dapat menurunkan 100 kalori, tergantung dengan jenis kelamin dan berat badan.

2. Gunakan resistance band

Sulit untuk melakukan latihan beban rutin di jalan karena tidak praktis untuk mengemas dumbbell yang besar dan berat ke dalam bagasi mobil Anda. Selain itu tidak ada jaminan bahwa tujuan liburan Anda akan menyediakan tempat untuk latihan beban.

Resistance band mungkin tidak dapat memberikan latihan angkat berat yang sama seperti dumbbell, tetapi sabuk elastis ini dapat menawarkan sesuatu yang serupa dalam bentuk yang ringan yang mudah dibawa kemanapun. Warna sabuk yang berbeda akan menunjukkan tingkat intensitas yang berbeda.

Menurut penelitian, latihan resistensi menggunakan sabuk ini dapat membantu meningkatkan laju metabolisme.

3. Lakukan peregangan rutin

Siapa pun yang memiliki rutinitas kebugaran harian tahu bahwa bepergian dapat membuat segalanya kacau.

Daripada menyesuaikan latihan harian Anda di waktu liburan, akan sangat membantu untuk membangun rutinitas baru selama Anda jauh dari rumah. Lakukan latihan yang beradaptasi dengan lingkungan Anda. Seperti peregangan push-ups, jumping jacks, dan situp dalam waktu yang Anda tentukan, misalnya 15 menit. Namun perlu diingat, peregangan ini harus rutin dilakukan selama liburan.

4. Lihat di internet

Untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda, Anda dapat mencari inspirasi olah raga ringan di internet. Di YouTube, ada semua jenis video latihan, mulai dari yoga hingga senam.

Jika Anda mencoba menyesuaikan latihan dan Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, Anda dapat menemukan rutinitas baru di internet di mana semuanya dijelaskan untuk Anda dan mudah untuk diikuti.

5. Jangan makan berlebihan

Meskipun ada cukup ruang dan peralatan untuk berolahraga, kadang-kadang tidak ada cukup waktu untuk Anda mempertimbangkan komitmen berolahraga dalam musim liburan.

Penting untuk dipikirkan bahwa tujuan Anda berolahraga saat musim liburan bukan untuk menurunkan berat badan, tetapi mempertahankan berat badan Anda saat ini.

Hal ini bisa dilakukan dengan membuat aturan, misalnya hanya menikmati cemilan selama 20 persen masa liburan. Memanjakan diri Anda di saat liburan seharusnya tidak membuat Anda mengabaikan gaya hidup Anda.

Musim liburan adalah akumulasi dari apa yang Anda lakukan dalam jangka panjang yang benar-benar berdampak pada upaya penurunan berat badan Anda. Selain itu, jika target Anda adalah menjadi lebih sehat, jangan menilai diri sendiri berdasarkan berat badan. Jangan terlalu sering menimbang berat badan setelah Anda makan. Anda perlu memaklumi diri sendiri jika makan lebih banyak di saat musim liburan.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA