Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Orang Tua Diimbau Biasakan Anak Rutin Membaca

Kamis 26 Dec 2019 14:01 WIB

Red: Ani Nursalikah

Orang Tua Diimbau Biasakan Anak Rutin Membaca. Sejumlah anak membaca buku di Perpustakaan Desa Banyuanyar, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah.

Orang Tua Diimbau Biasakan Anak Rutin Membaca. Sejumlah anak membaca buku di Perpustakaan Desa Banyuanyar, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah.

Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Ilmu dari membaca akan membuat anak mendapatkan keterampilan hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, PAYAKUMBUH -- Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengimbau seluruh orang tua membiasakan anak-anaknya membaca secara rutin setiap hari. "Literasi itu maknanya bagaimana membaca, menulis, memahami dan berpikir dari tulisan yang disediakan sehingga mendapatkan ilmu," kata Irwan saat membuka kegiatan Literasi Itu Asik di Payakumbuh, Kamis (26/12).

Ia mengatakan ilmu dari membaca akan membuat anak mendapatkan keterampilan hidup dalam membantu anak sukses dalam menjalani kehidupan. "Jika membaca sudah menjadi kebiasaan, kebudayaan sampai menjadi kebutuhan. Insya Allah anak-anak bisa menjadi orang yang sukses," ujarnya.

Tidak hanya orang tua, gubernur yang akrab disapa IP itu juga meminta seluruh guru juga membiasakan siswa untuk terus membaca. Sebab, membaca itu penting bagi guru untuk menyampaikan pesan dan ilmu pengetahuan kepada siswanya.

"Dengan apa yang dilaksanakan kali ini, diharapkan dapat menghadirkan komunitas literasi, baik dari guru maupun orang tua agar dapat menggerakkan literasi ke seluruh kalangan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten II Pemkot Payakumbuh Elzadaswarman mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar yang dihadiri oleh 200 peserta. "Peserta dalam seminar kali ini dari kalangan pendidik, mulai dari guru di Paud sampai guru SMA," kata dia.

Ia menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan ilmu dalam bidang literasi bagi seluruh pendidik. "Yang kita harapkan itu bagaimana peserta didik kita memiliki karakter yang kuat untuk kehidupan yang nyata di tengah masyarakat anak kita perlu bekal agar terus di jalur yang tepat di era global seperti sekarang ini," ujarnya.

Selain itu, guru yang mengikuti seminar ini juga diharapkan dapat menyebarluaskan apa yang disampaikannya ke masyarakat, sehingga seluruh komponen masyarakat dapat membiasakan berliterasi.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA